Sekilas Info

Kantor Desa Dibakar, DPRD Morotai Minta Damkar Ada di Tiap Kecamatan

Kantor Desa Hino yang dibakar oknum warga. (Istimewa)

Tandaseru -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pulau Morotai Hean Rakomole angkat bicara soal pembakaran Kantor Pemerintah Desa Hino, Kecamatan Morotai Timur, Maluku Utara beberapa hari kemarin. Politikus PDI Perjuangan ini berharap ke depan Dinas Pemadam Kebakaran juga dipusatkan di tiap kecamatan.

"Saya sebagai wakil rakyat merasa ini adalah sebuah insiden atau kejadian yang tidak disangka-sangka dan kita merasa prihatin terhadap kejadian tersebut sehingga kita mengimbau kepada masyarakat supaya lebih hati-hati terhadap kejadian seperti ini," ucap Hean kepada tandaseru.com di ruang paripurna, Jumat (27/11).

Meski tak ada korban jiwa, Hean mengaku sangat menyayangkan insiden tersebut.

Anggota DPRD Pulau Morotai, Hean Rakomole. (Tandaseru/Irjan)

"Ada kerugian material yang nanti dihitung atau dianalisis," sambung Anggota Komisi III ini.

Hean juga meminta Dinas Pemadam Kebakaran memikirkan solusi rentang jarak dalam melayani masyarakat. Pasalnya, jarak yang jauh kerap membuat Damkar tak bisa memadamkan kebakaran di titik tertentu.

"Untuk menangani kebakaran ini, kita lihat luasan daerah. Walaupun dilihat dari sisi geografis tidak luas tapi perkampungan masyarakat memang titiknya jauh, sehingga kita mengimbau supaya ada solusi terhadap kebakaran, baik fasilitas umum maupun rumah warga," ujarnya.

Ia menegaskan, peristiwa ini catatan penting bagi Pemerintah Daerah untuk mempertimbangkan pentingnya fasilitas pemadam kebakaran di tiap kecamatan.

"Berdasarkan informasi juga, kebakaran ini ketika meluas apinya sangat besar sehingga masyarakat tidak bisa mendekat ke titik kebakaran untuk memadamkan api," tambahnya.

"Yang berikut kita mengimbau kepada masyarakat Desa Hino secara umum agar bisa berhati-hati dan tindak lanjut dari proses pembakaran ini kita berikan kepada pihak yang berwajib agar mengusut tuntas hal ini," pungkasnya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Sahril A.