Sekilas Info

Kunjungi Halmahera Utara, Menteri Risma Diminta Relokasi Warga Satu Desa

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dan Bupati Halut Frans Manery saat mengunjungi lokasi banjir. (Istimewa)

Tandaseru -- Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau lokasi banjir di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Selasa (19/1). Mensos juga membawa bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor.

Kedatangan Mensos didampingi Dirjen Linjamsos Papen Nazarudin, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin, Danrem 152/Babulah Brigjen TNI Imam Sampurno, Kepala Kejaksaan Tinggi Malut Erryl Prima Putera Agoes dan Kepala BIN Daerah Brigjen TNI Dudy Fristiyanto. Rombongan tiba di Bandara Gamarmalamo Galela sekitar pukul 14.30 WIT.

Bupati Halut Frans Manery serta pimpinan OPD dan Forkompinda menyambut kedatangan rombongan.

Setibanya di Galela, Mensos langsung menuju ke lokasi pengungsian di Gedung Doa Gereja Desa Duma untuk bertatap muka dengan korban banjir dari Desa Roko, Kecamatan Galela Barat. Lebih dari 1.000 jiwa mengungsi di lokasi tersebut.

Selanjutnya, Risma menuju ke jembatan Sungai Tiabo guna meninjau langsung akses jalan yang putus akibat hantaman banjir pekan lalu.

Bupati Halut Frans Manery mengatakan, Pemerintah Daerah sangat berterimakasih kepada Mensos yang menyempatkan waktu datang ke Halut dan bertatap langsung dengan para pengungsi korban banjir.

"Kami bersyukur dengan hadirnya Menteri Sosial RI dan wilayah yang terdampak banjir adalah Kecamatan Galela Barat, Galela Selatan dan Kao Barat. Yang berada di Desa Duma adalah penduduk dari Desa Roko yang kehilangan rumah karena longsor dan hal yang sangat urgen adalah putusnya jembatan yang menghubungkan ke beberapa kecamatan yang ada di Halut," jabar Frans.

Sementara itu, Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba menyampaikan rasa syukurnya kepada Mensos yang sigap merespon bencana alam yang melanda Maluku Utara. Ini merupakan agenda perdana Mensos di awal tahun 2021 ke Maluku Utara.

"Kami bersyukur dengan kedatangan Menteri Sosial yang sangat cepat merespon terkait dengan adanya bencana alam di Kabupaten Halut," ucapnya.

Mensos dalam kesempatan itu mengatakan, kedatangannya ke Maluku Utara karena ditugaskan langsung Presiden Joko Widodo untuk meninjau kawasan guna melihat langsung daerah yang terjadi bencana alam.

Di hadapan Risma, warga Roko meminta direlokasi ke lokasi lain. Pasalnya, desa mereka selalu jadi langganan banjir.

"Untuk merelokasi sebuah desa diperlukan waktu dan rencana yang matang dan saya akan berupaya secepat mungkin dan diharapkan kesabaran dari masyarakat. Saya minta masyarakat bersabar dan itu semua diperlukan proses agar dapat diselesaikan dan kita akan mendiskusikan dengan Pemerintah Daerah setempat," terang Risma.

Usai bertatap muka, Mensos melakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Gubernur dan Bupati. Bantuan untuk Provinsi senilai Rp 1.867.927.991, yang terdiri dari bantuan logistik Rp 1.377.116.210, paket sembako Rp 198.001.000, logistik dari gudang Malut Rp 262.361.681 dan bantuan logistik Rp 30.439.100.

Sementara bantuan untuk Kabupaten Halut Rp 490.811.781, yang terdiri dari paket 1.000 sembako Rp 198.011.000, bantuan logistik dari gudang malut Rp 262.361.681, dan logistik Rp 30.439.100.

Penulis: Al
Editor: Sahril A.