Sekilas Info

YAMIN-ADA Bakal Jadikan Moti sebagai Destinasi Wisata Rusa

Calon Wali Kota Ternate M. Yamin Tawary diboncengi sepeda motor saat berkampanye di Tadenas. (Istimewa)

Tandaseru -- Pulau Moti adalah salah satu kecamatan di Kota Ternate, Maluku Utara yang terbilang unik. Sebab hutan di kecamatan ini hanya ada hewan rusa, tidak ada binatang lain termasuk babi hutan. Tidak ada alasan jelas mengapa tidak ada babi di hutan Pulau Moti, namun warga punya keyakinan tersendiri mengenai hal itu.

Karena keunikannya itu, Calon Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary saat menggelar kampanye di Kelurahan Tadenas, Moti mengaku bakal menjadikan Moti sebagai kawasan wisata rusa terbesar di Indonesia Timur.

Dengan adanya wisata ini, kata Yamin, akan menyerap tenaga kerja yang lumayan banyak. Sudah tentu yang menjadi tenaga kerja itu adalah orang Moti sendiri, termasuk dari Tadenas.

"Supaya apa, mengurangi pengangguran di Kota Ternate. Bayangkan, sesuai data ada sekitar 7 ribu orang Kota Ternate jadi pengangguran. Tapi saya yakin jumlah yang sebenarnya lebih dari 7 ribu," tutur Yamin yang berpasangan dengan Abdullah Tahir dalam Pilwako Ternate.

Selain menyerap tenaga kerja, kawasan wisata rusa ini berpotensi menghidupkan usaha kuliner di Moti.

"Bayangkan saja, jika setiap hari lebih dari 20 orang datang di kawasan wisata rusa ini, akan berdampak bagus terhadap peningkatan ekonomi di Moti. Dan pengusaha akan tumbuh di situ," paparnya disambut tepuk tangan meriah dari warga yang hadir.

Penulis: Tim
Editor: Ika FR