Sekilas Info

Pemkot dan DPRD Ternate Sepakati Pembayaran Sisa Utang Multiyears di 2022

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya. (Istimewa)

Tandaseru -- Pembayaran sisa utang kegiatan multiyears Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, telah disepakati untuk dianggarkan dan dibayarkan pada tahun 2022 mendatang.

Salah satu alasan sisa utang dibayarkan tahun 2022 lantaran kondisi keuangan.

Sekretaris Daerah Kota Ternate Jusuf Sunya mengatakan, dalam tahap satu akhir dengan Badan Anggaran DPRD itu ada sejumlah catatan yang disampaikan ke Pemkot Ternate mulai dari pendapatan, belanja dan pembiayaan, termasuk salah satunya akan dilakukan adendum terkait dengan pembayaran multiyears.

"Jadi sisa yang tidak bisa bayar itu kita bawa ke tahun 2022, makanya harus ada adendum," ujar Jusuf usai pembahasan tahap I akhir KUA-PPAS dengan DPRD, Kamis (14/10).

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate itu menjelaskan, nantinya setelah KUA-PPAS ini akan dilakukan pembahasan juga RAPBD.

"Jadi di akhir Oktober nanti kita akan lakukan pembahasan RAPBD 2022, dan banyak hal yang akan dibuat sehingga pada 2022 nanti APBD kita lebih fleksibel, termasuk skema pinjaman," tegasnya.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Rizal Marsaoly menjelaskan, jika terjadi reschedule anggaran maka dilakukan penandatangan kembali, dan untuk multiyears dilakukan kesepakatan bersama dengan pihak ketiga sebagai bentuk persetujuan meski secara lisan sudah disampaikan.

"DPRD meminta agar masing-masing mereka membuat surat pernyataan, bahwa mereka menyetujui dilakukan reschedule meski ada yang dibayar pada tahun ini, tapi akan ada yang dibawa ke 2022," jelasnya.

Menurutnya, sisa untuk pembayaran multiyears yang bakal dianggarkan pada 2022 sebesar Rp 20 miliar.

"Dan itu nanti diformulasikan untuk reschedule multiyears yang dibayar pada 2022," ungkap mantan Kadisperkim Kota Ternate itu.

Sekadar diketahui, rencana penandatanganan kesepahaman pembayaran sisa utang akan dilakukan pada Jumat malam nanti.

Penulis: AYA. K
Editor: Sahril Abdullah