Sekilas Info

5 Gerai Indomaret Dibangun di Halmahera Barat, 100 Warga Lokal Ikut Seleksi Karyawan

Ilustrasi Indomaret. (Istimewa)

Tandaseru -- Kehadiran Indomaret di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, diyakini dapat membantu pertumbuhan ekonomi.

Hal ini dibuktikan dengan 100 putra-putri Halbar yang saat ini mengikuti tes karyawan Indomaret.

Asisten I Setda Halbar Martinus Djawa kepada tandaseru.com mengatakan, kehadiran Indomaret membuka lapangan kerja karena seluruh tenaga kerja yang menjadi pelayan toko adalah tenaga lokal.

"Yang pasti pelamar karyawan Indomaret ini menggunakan ijazah SMA dan sarjana semua jurusan. Intinya adalah karyawan itu yang belum menikah," ungkap Martinus, Kamis (14/10).

Asisten I Setda Halmahera Barat, Martinus Djawa. (Istimewa)

Mantan Plh Bupati Halmahera Utara ini menjelaskan, pembangunan lima gerai Indomaret sementara ini sudah berjalan. Tetapi dalam izin itu Indomaret meminta 10 gerai, dan untuk penempatannya itu di Kecamatan Jailolo dan Sahu Timur sambil mengikuti perkembangan.

"Jadi diprioritaskan pada putra-putri Halbar, sementara ini tes sudah berlangsung dua kali, dan persoalan lulus atau tidak itu kewenangannya Indomaret. Kita berharap masyarakat Halbar, khususnya putra-putri kita ini mampu bersaing karena tesnya secara online," ujarnya.

"Jadi tidak ada semacam ada kebijakan atau intervensi pemda, karena sudah ada aplikasi yang sudah disediakan. Jadi aplikasi yang menentukan itu, dan nanti ada tahapan berikut akan disampaikan," sambung Martinus.

Ia menambahkan, ini adalah dalam rangka meningkatkan perputaran ekonomi di Halbar.

"Jadi saatnya harus dilakukan. Mudah-mudahan masyarakat Halbar dapat mendukung secara bersama. Mari kita sama-sama membangun daerah ini, jadi berbagai elemen kita harus menyiapkan semua," pungkasnya.

Penulis: Mardi Hamid
Editor: Sahril Abdullah