Sekilas Info

BPBD Tidore Uji Publik Penyusunan Rencana Operasi Dokumen Kedaruratan Bencana

Asis Hadad. (Istimewa)

Tandaseru -- Staf Ahli Wali Kota Tidore Kepulauan Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Asis Hadad mewakili Wali Kota membuka kegiatan Uji Publik Penyusunan Rencana Operasi Dokumen Kedaruratan Bencana Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di aula SMK Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, Selasa (9/7/2024).

Mengawali sambutannya, Asis mengatakan akhir-akhir ini Provinsi Maluku Utara, khususnya Kota Tidore Kepulauan, selalu dilanda bencana geologi seperti gempa bumi yang dirasakan maupun yang tidak dirasakan, sehingga Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengantisipasi dengan membuat kegiatan Uji Publik Penyusunan Rencana Operasi Dokumen  Kedaruratan Bencana.

“Ini merupakan salah satu dari berbagai  rencana yang digunakan dalam siklus menejemen resiko Bencana dan juga digunakan sebagai pedoman penanggulanan bencana pada saat tanggap darurat yang cepat dan efektif serta sebagai dasar memobilisasi sumber daya para pemangku kepentingan pada saat tanggap darurat bencana,” ungkap Asis.

Asis berharap, BPBD Tidore terus berkolaborasi, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi dengan semua pihak, baik Organisasi Perangkat Daerah, lintas sektor, Dunia Usaha dan Masyarakat, hal ini perlu dilakukan secara berkesinambungan guna menyamakan Presepsi atau gerak langkah yang terpadu dalam upaya penanggulangan bencana di Kota Tidore Kepulauan sehingga tercipta upaya penanggulangan yang proporsional antara preventif dan responsif.

“Saya juga mengharapkan agar setelah kegiatan ini, BPBD dan instansi terkait untuk tetap selalu berkoordinasi dalam Penanganan Bencana yang terjadi di Kota Tidore Kepulauan, sehingga bencana dalam bentuk apapun bisa diatasi dengan baik,” harap Azis.

Peserta dalam kegiatan tersebut melibatkan TNI-Polri dan instansi terkait dengan menghadirkan Staf Perencana Ahli Pratama pada Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Tidore Kepulauan Siti Febriyani Syiku sebagai narasumber.

Penulis: Ika Fuji Rahayu
Editor: Ika Fuji Rahayu