Sekilas Info

Warga Morotai Jaya Tagih Janji Tower 4G dari Pemkab

Mahasiswa asal Morotai Jaya unjuk rasa meminta pembangunan tower. (Tandaseru/Irjan)

Tandaseru -- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Sopi (Formas) Pulau Morotai, Maluku Utara menggelar aksi tuntutan di depan kantor Bupati Pulau Morotai, Kamis (22/10). Dalam aksi tersebut, mereka mendesak Pemerintah Daerah merealisasikan janji membangun tower Merah Putih Telkomsel 4G di Kecamatan Morotai Jaya.

Aksi yang dikoordinir Jul Mere tersebut diikuti mahasiswa yang membawa spanduk bertulisan “Rakyat Tagih Janji 45, Mahasiswa Menggugat”. Selain meminta realisasi tower, mereka juga mendesak pencopotan Camat Morotai Jaya.

"Mencermati dinamika sosial yang terjadi di lingkup Kecamatan Morotai Jaya, banyak masalah yang belum mampu diselesaikan oleh Pemerintah Daerah, salah satunya terkait jaringan internet sebagai janji sampai hari ini belum ada realisasinya,” ungkap Jul.

"Kecamatan Morotai Jaya sampai saat ini belum menikmati jaringan internet sementara kecamatan lain yang ada di Kabupaten Pulau Morotai bahkan sudah memiliki dua tower Merah Putih 4G," kata Jul.

Mahasiswa asal Morotai Jaya unjuk rasa meminta pembangunan tower. (Tandaseru/Irjan)

Jul bilang, jaringan internet bukan lagi suatu keinginan melainkan suatu kebutuhan. Karena itu, sudah selayaknya disediakan Pemkab bekerjasama dengan provider.

"Seluruh lapisan masyarakat yang ada di Morotai, khususnya Desa Sopi dan Sopi Majiko sudah seharusnya dapat mengkonsumsi informasi yang mudah, cepat dan akurat," tegasnya.

Tak hanya itu, Jul menilai, sejak dilantik hingga kini Camat Morja belum mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. Ia juga tak mampu mengkomunikasikan kebutuhan warga dengan Pemkab.

"Contohnya ganti rugi tanaman yang terkena gusur pengembangan transformasi teknik tangkapan dari tradisional menuju modern dan pembinaan kelompok nelayan yang terbilang gagal serta yang paling penting tidak mampu menghadirkan tower Merah Putih di Kecamatan Morotai Jaya," jelasnya.

Senada, orator lain, Hanwairo dalam orasinya mengatakan Morotai Jaya menjadi satu-satunya kecamatan di Morotai yang belum punya tower sendiri.

"Kami sudah minta Camat Morotai Jaya menyuarakan ini tapi tidak ditindaklanjuti. Karena itu kami minta Pemda dan DPRD copot Camat Morotai Jaya,” serunya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Ika FR