Sekilas Info

Jurnalis Senior Papua Victor Mambor Diteror Aksi Ledakan Bom

Polisi menyelidiki ledakan bom di samping rumah Victor Mambor. (Istimewa)

Tandaseru -- Aksi intimidasi yang menimpa jurnalis di tanah Papua kembali terjadi awal tahun 2023. Sebuah bom rakitan meledak tepat di samping rumah Pengurus Majelis Pertimbangan Organisasi Aliansi Jurnalis Independen Indonesia dan juga jurnalis senior di Papua, Victor Mambor, pada Senin (23/1) dini hari di Kota Jayapura.

Victor saat ditemui AJI Jayapura di rumahnya pada Senin siang mengungkapkan, bom meledak di pinggiran jalan yang berjarak hanya sekitar tiga meter dari dinding rumahnya di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIT.

Victor menuturkan, dirinya yang belum beristirahat saat itu mendengar bunyi motor berhenti di jalan tepat di samping rumahnya sebelum terjadi ledakan. Tak lama kemudian pengendara motor itu meninggalkan lokasi tersebut dan sekitar satu menit terdengarlah bunyi ledakan.

Bunyi ledakan ini tak hanya mengagetkan Victor dan keluarganya.Sejumlah Warga setempat di komplek pemukiman itu juga sempat meninggalkan rumahnya untuk memeriksa lokasi sumber ledakan. Semula Victor mengira bunyi tersebut bersumber dari gardu listrik yang meledak.

"Saat terjadi ledakan, dinding rumah bergetar seperti terjadi gempa bumi. Saya pun memeriksa sumber ledakan dan tercium bau belerang yang berasal dari samping rumah. Teryata terdapat bekas ledakan di jalan yang jaraknya hanya tiga meter dari dinding rumah," ungkap Victor.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah