Sekilas Info

Sisa 2 Pasien, Ternate Menuju 0 Kasus Positif Covid-19

M. Arif Gani. (Tandaseru/Yunita Kaunar)

Tandaseru -- Angka kasus positif Covid-19 di Kota Ternate, Maluku Utara, kian menurun. Bahkan sejak memasuki Oktober tak ada lagi penambahan kasus positif.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Ternate, M Arif Gani menyatakan, warga Ternate makin patuh menjalankan protokol kesehatan. Saat ini, Ternate tengah menuju 0 kasus positif corona.

“Kita masih tersisa 2 orang yang positif dan sementara menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dan diperkirakan dalam pekan ini kedua orang ini sudah sembuh," tuturnya, Kamis (14/10).

Sejak dua bulan terakhir, sambung Arif, warga yang kontak erat tidak lagi dilakukan swab Antigen tetapi langsung tes PCR sehingga bisa terdeteksi sedini mungkin.

“Pada pelaksanaan STQ Nasional ini, karena Ternate sebagai pintu masuk maka semua bidang di Satgas Covid-19 Kota Ternate terus siaga untuk mendeteksi semua peserta yang masuk ke Maluku Utara. Bila ada yang suhunya di atas 37,5 derajat Celcius maka yang bersangkutan langsung di-swab,” ungkapnya.

Jika ada rombongan STQ yang positif tes PCR maka akan langsung diisolasi dan pihaknya telah menyiapkan rumah sakit untuk itu.

Saat ini capaian vaksinasi di Kota Ternate sudah berada di atas 40 persen dari target sasaran 151.000 warga Kota Ternate. Ditargetkan pada akhir tahun nanti bisa mencapai 70 persen.

“Harapan kita warga Ternate bisa laksanakan vaksinasi di sejumlah tempat yang telah disediakan agar bisa terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal terhadap Covid-19,” tandas Arif.

Penulis: Yunita Kaunar
Editor: Ika FR