Sekilas Info

Bawaslu Ternate Telusuri Dugaan Intimidasi ASN Ternate oleh Oknum Staf

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate, Kifli Sahlan. (Istimewa)

Tandaseru -- Bawaslu Kota Ternate, Maluku Utara bakal memproses salah satu stafnya yang diduga melakukan intimidasi terhadap sejumlah ASN Pemerintah Kota Ternate. Saat ini, kebenaran dugaan tersebut tengah ditelusuri.

Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan saat dikonfirmasi tandaseru.com menyatakan, pihaknya bakal menelusuri dugaan intimidasi yang melibatkan salah satu staf Bawaslu. Menurutnya, langkah investigasi oleh staf Bawaslu diperbolehkan karena sifatnya hal yang diperintahkan.

“Diperbolehkan dalam norma undang-undang maupun Peraturan Bawaslu. Namun jika ASN merasa diintimidasi seharusnya dapat melaporkan kejadian tersebut kepada Bawaslu,” tuturnya, Senin (23/11).

Kifli bilang, ada baiknya pihak yang merasa diintimidasi melaporkan ke Bawaslu. Dengan begitu akan terungkap jelas pelaku intimidasinya.

"Minimal yang bersangkutan harus melaporkan, jika itu betul," kata dia.

Ia menambahkan, jika staf tersebut terbukti bersalah, maka Bawaslu akan memberikan sanksi sesuai aturan perundang-undangan.

"Namun jika nanti dalam hasil pemeriksaan kemudian staf kami tidak terbukti maka sudah pasti lembaga Bawaslu Kota Ternate akan mengambil jalan hukum yang lain, karena ini sudah terkait dengan citra lembaga Bawaslu," tegasnya.

Ia menyarankan, ASN yang merasa dirugikan dan diintimidasi melaporkan tak hanya ke Bawaslu, juga ke pihak kepolisian.

"Namun jika yang dituduhkan tidak benar, maka Bawaslu akan mengambil jalan hukum yang lain karena ini sudah menyangkut citra Bawaslu. Bawaslu bakal proses dugaan pelanggaran tersebut," tandasnya.

Penulis: Yunita Kaunar
Editor: Ika FR