Sekilas Info

MHB-GAS Bertekad Tingkatkan Output Pendidikan di Ternate

Paslon wali kota dan wakil wali kota MHB-GAS. (Tandaseru/Yunita)

Tandaseru -- Pendidikan menjadi salah satu visi dan misi dari bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Ternate, Maluku Utara Muhammad Hasan Bay dan M. Asghar Saleh (MHB-GAS).

MHB menyatakan, dunia pendidikan merupakan sektor terpenting dalam pembangunan dan kemajuan suatu daerah. Karena itu harus terus dikawal pengembangan.

Menurut MHB, secara umum fasilitas pendidikan di Kota Ternate sudah memadai, namun yang terpenting adalah meningkatkan mutu pendidikan di mana kualitas guru atau tenaga pengajar yang masih perlu ditingkatkan.

"Saya berikan contoh, bahwa sampai hari ini yang menjadi pertanyaan besar yakni output dari pendidikan kita ini belum mengantarkan satu anak pun menjadi Kapolres atau Dandim," jelasnya, Selasa (22/9) malam.

Untuk itu, jika terpilih nanti pada Pilwako 2020 MHB-GAS akan melahirkan program pengembangan potensi putra daerah dan kualitas pendidikan.

"Torang sama-sama tahu bahwa pendidikan kita jika dilihat di luar Maluku Utara secara kualitas kita agak ketinggalan di mana sumber daya manusianya," ungkap MHB.

Dia bilang, dalam beberapa rekrutmen yang dilakukan, output pendidikan di Kota Ternate justru masih kalah bersaing dengan daerah lain.

"Untuk itu, kami berdua, MHB-GAS akan tidak bisa selesaikan dengan membaca perspektif pendidikan yang terjadi. Sesuai dengan tagline kami yakni 'Bersama Lebih Baik' maka kami mengajak guru-guru membaca perspektif pendidikan untuk bagaimana ke depan memecahkan permasalahan ini," ujarnya.

Untuk guru SD maupun SMP, porsi APBD sangat minim bagi peruntukkannya. Karena itu MHB menegaskan, jika nanti masyarakat Kota Ternate memilih MHB-GAS, maka keseluruhan kebutuhan guru harus masuk APBD.

Senada, Asghar Saleh menyebutkan banyak masalah pada program pendidikan di Kota Ternate saat ini.

"Semisal syarat untuk jadi kepsek harus memiliki NUKS, terus dia minimal harus selama 4 tahun dan dipilih lagi jadi kepsek jika prestasinya luar biasa. Tapi kalau tidak maka akan diputar dan bisa saja guru jadi kepsek dan kepsek jadi sebaliknya," terangnya.

MHB-GAS juga akan mendorong guru-guru yang memiliki kualitas manajerial.

"Jadi jika kami diberkahi Allah SWT dan terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota Ternate maka kami akan benahi kualitas guru-guru untuk yang hanya Diploma 1 atau S1 akan difasilitasi dengan memberikan kuliah lanjutan," tandasnya.

Penulis: Yunita Kaunar
Editor: Ika FR