Sekilas Info

Kesultanan Bacan Resmi Punya Sultan Baru

Dede Irsyad Maulana Sjah. (Istimewa)

Tandaseru -- Kesultanan Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, resmi mengukuhkan Dede Irsyad Maulana Sjah sebagai Sultan Muda Bacan, Senin (29/4/2024).

Dede Irsyad merupakan putra mendiang Sultan Bacan ke-21, Al-Hajj Abdurrahim Muhammad Ridwan Gary Sjah yang meninggal dunia di Ohio Amerika Serikat pada 27 Oktober 2023 lalu. Pengukuhan Sultan Muda ini berlangsung di Kedaton Kesultanan Bacan, di Desa Amasing Kota, Kecamatan Bacan.

Berdasarkan pantauan, proses pengukuhan berlangsung sekitar pukul 09:08 WIT. Dede Irsyad tampak menggunakan kemeja dan celana panjang putih dibalut jubah kuning keemasan.

Saat keluar dari kedaton, ia didampingi para perangkat adat Kesultanan Bacan dan Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba.

Proses pengukuhan juga dikawal ketat pihak kemanan. Di mana, ratusan personel gabungan dari Polres Halmahera Selatan, Kodim 1509/Labuha dan Satpol PP diturunkan ke lokasi.

Pihak Kesultanan Bacan dalam kesempatan itu juga membacakan ihwal pengukuhan Dede Irsyad Maulana Sjah sebagai Sultan Bacan. Pengukuhan tersebut berdasarkan surat keputusan nomor 018/QODA/WI/04-24/1045 tentang Pengukuhan Sultan Muda.

Ompu Datuk Alolong Kesultanan Bacan Mohdar Arif menegaskan, Dede Irsyad Maulana Sjah telah bersedia memenuhi amanah dari almarhum Abdurrahim Muhammad Ridwan Sjah selaku Sultan Bacan ke-21.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ika Fuji Rahayu
Editor: Ika Fuji Rahayu