Sekilas Info

Komunitas Pinggir Pante, Jaga Laut dengan Menanam Bibit Karang

Foto bersama usai penanaman bibit terumbu karang. (Istimewa)

Tandaseru -- Komunitas Pinggir Pante menanam bibit terumbu karang di kawasan Pantai Soadara Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Sabtu (25/2). Penanaman ini demi melindungi ancaman pengeboman terumbu karang.

Ketua Komunitas Pinggir Pante Murdiansah SA Karim menyatakan, sesuai tema yang diangkat yakni "Merehabilitasi dan Melestarikan Ekosistem Bawah Laut", kegiatan ini bertujuan merawat dan memulihkan kembali terumbu karang yang hancur karena disengaja atau tidak.

"Berkaitan dengan orang-orang yang sering melakukan pengeboman, maupun karena dampak lainnya. Jadi merehabiliasi dan melestarikan merupakan upaya menyelamatkan dan menjaga ekosistem bawah laut," tutur Murdiansah.

Ada sekitar 22 substrat bibit karang yang sudah disiapkan untuk ditanam di bawah laut.

"Dan ada dua lokasi yang akan kami tanam tepat di depan Pantai Soadara, dan melibatkan berbagai komunitas diving yang kami undang dari Ternate yaitu Nukila Dive, Tataruka Brader, Ternate Free Dive, Dodoku Dive Center dan Tidore ada Possi, KBC, Tidore Diving Club, dan juga ada Mapasir (Mahasiswa Pencinta Pesisir) dari Unkhair. Acara ini mendapatkan dukungan sponsor utama dari PT IWIP’ jadi ada berbagai komunitas diving yang kemudian kami ajak kerja sama," terang Murdiansah.

Selanjutnya 1 2 3