Sekilas Info

Mengkritisi Hasil Musyawarah Pelti Ternate ke-1 Tahun 2023

Muhammad Rama Lebe. (Istimewa)

Oleh: Muhammad Rama Lebe

Mantan Sekretaris Umum Pelti Kota Ternate Tahun 2014-2015

_______

SEBAGAIMANA diketahui, pada tanggal 21 Januari, bertempat di Lapangan Tenis Indoor Pelti, telah dilaksanakan Rapat atau Musyawarah Pelti Ternate yang pertama pada tahun 2023.
Salah satu hasil musyawarah atau rapat tersebut yang turunannya sedikit banyak mengganggu kami sebagai pehobi tenis yang sering bermain atau menggunakan lapangan tenis Pelti Ternate adalah dua hal sebagai berikut:

Pertama, turunan aturan yang mengatakan bahwa pengguna lapangan TETAP WAJIB membayar iuran penggunaan lapangan (bulanan) meski si pengguna lapangan Pelti dimaksud sama sekali tidak menggunakan lapangan Pelti (tidak bermain sama sekali) pada bulan dimaksud.

Sebagai akibat dari adanya turunan aturan yg baru diumumkan secara lisan (belum dibuat secara tertulis dalam bentuk Peraturan Organisasi) ini, maka pengguna lapangan dimaksud dianggap BERUTANG iuran penggunaan lapangan kepada Pelti Ternate. Dan yang namanya HUTANG, maka wajib dibayar atau dilunasi?

Sebagai ilustrasi, misalnya pada bulan Januari 2023 (mulai tanggal 22 Januari sejak aturan dimaksud efektif berlaku) kami bermain tenis atau menggunakan lapangan tenis Pelti satu kali atau lebih, maka pada bulan Februari kami wajib membayar iuran penggunaan lapangan bulan Januari sebesar Rp 100.000 dan waktu pembayaran iuran tersebut adalah mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 10 di bulan berjalan (perlu dicatat bahwa sampai pada poin ini kami sama sekali tidak keberatan).

Selanjutnya, katakanlah karena satu dan lain sebab, selama bulan Februari hingga April 2023 (mulai tanggal 1 Februari hingga tanggal 30 April) kami sama sekali tidak bermain atau menggunakan lapangan Pelti, maka sesuai aturan lisan di atas, kami tetap wajib membayar iuran penggunaan lapangan untuk bulan Februari, Maret dan April?

Kedua, aturan (bagian dari aturan di atas) yang mengatakan bahwa jika kami tidak membayar atau melunasi utang iuran penggunaan lapangan bulan Februari, Maret dan April tersebut, maka kami akan DILARANG bermain atau menggunakan lapangan Pelti Ternate untuk selamanya?

Selanjutnya 1 2 3 4