Sekilas Info

Banyak Jalan Berlubang di Halmahera Barat, Kinerja Pemda-DPRD Disorot

Warga di Halmahera Barat secara swadaya memperbaiki jalan rusak. (Istimewa)

Tandaseru -- Akademisi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Tamin Ilan Abanun menyoroti kondisi kerusakan infrastruktur jalan di sejumlah titik di Kabupaten Halmahera Barat yang dikeluhkan masyarakat.

Jalan rusak itu terdapat di sejumlah titik seperti tanjakan Bobanehena menuju Payo, Pasar Akelamo, Soakonora-Jati, Porniti, bahkan depan kantor bupati dan DPRD juga banyak sekali terdapat jalan berlubang.

Tamin kepada tandaseru.com mendesak pemda segera melakukan perbaikan. Sebab, infrastruktur jalan merupakan kebutuhan utama masyarakat. Ini juga menjadi salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas.

Jalan masuk Pasar Akelamo yang rusak berat. (Istimewa)

"Hal ini disebabkan juga karena lemahnya kepemimpinan bupati dan anggota DPRD khususnya Komisi III sebagai fungsi kontrol," ungkapnya, Senin (23/1).

Ia memaparkan, pemeliharaan jalan diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 13 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Pemilikan Jalan. Pasal 18 menjelaskan, pemeliharaan jalan itu meliputi kegiatan rutin, pemeliharaan berkala, rehabilitasi jalan dan rekonstruksi jalan.

"Nah jalan berlubang seperti di tanjakan Bobanehena menuju Payo dan jalan masuk Pasar Akelamo itu masuk dalam ketiga kegiatan pemeliharaan jalan itu. Karena jalan berlubang itu rawan terjadi kecelakaan yang mengancam keselamatan setiap pengendara," ujarnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Mardi Hamid
Editor: Ika Fuji Rahayu