Sekilas Info

KPU Usulkan Anggaran PSU Pilkada Halmahera Utara Rp 900 Juta

Ilustrasi pemungutan suara ulang. (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Tandaseru -- Kurang dari sebulan lagi, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Halut.

Saat ini, KPU telah bergerak secara maraton membahas kesiapan agenda PSU, termasuk mengajukan anggaran ke Pemerintah Daerah setempat.

Ketua KPU Halut, M. Rizal mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan upaya finalisasi kesiapan agenda PSU yang digelar pada 28 April 2021 mendatang. Di mana tahapan kesiapannya tengah dilaksanakan dan usulan anggaran juga telah diajukan ke Pemda.

"Dana yang kami usulkan ke Pemda kurang lebih Rp 900 juta untuk PSU di 4 TPS dan 1 TPS Khusus di PT NHM," terangnya, Minggu (4/4).

Rizal bilang, dana tersebut digunakan untuk honor adhock selama 1 bulan, operasional serta pengadaan logistik maupun surat suara untuk TPS Khusus PT Nusa Halmahera Minerals.

Sementara itu, Komisioner KPU Halut Ircham Puni ketika dikonfirmasi terkait tahapan pihak penyelenggara yang sudah dilaksanakan mengatakan, KPU saat ini tengah melakukan validasi data untuk daftar pemilih tetap (DPT).

Selain itu juga validasi data DPT di TPS Khusus NHM sebagaimana yang disodorkan kurang lebih 600 jiwa pilih. DPT ini harus divalidasi secara teliti lebih dulu.

"Saat ini masih tahapan validasi data pemilih," ungkapnya.

Sebelumnya, Plt Bupati Halut, Yudihart Noya menegaskan Pemda tetap mendukung usulan anggaran yang diajukan KPU sepanjang sesuai dengan kebutuhan PSU.

"Ini adalah perintah dari pusat. Maka siap tidak siap, harus disiapkan dan didukung untuk kesuksesan agenda demokrasi," tegasnya.

Penulis: Al
Editor: Ika FR