Sekilas Info

PSU Halmahera Utara Digelar 28 April Mendatang

Ilustrasi pemungutan suara. (Republika/Raisan Al Farisi)

Tandaseru -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara menggelar rapat pleno penetapan tahapan, program jadwal penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 di lima tempat pemungutan suara (TPS), Senin (29/3).

Dalam rapat tersebut, Ketua KPU Halut, M. Rizal yang didampingi empat komisioner membacakan SK KPU Halut Nomor 02/PY.02.1-Kpt/8203/Kpu-Kab/III/2021 tentang Penetapan Tahapan, Program Jadwal Penyelenggaraan PSU pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara Tahun 2020. Dalam keputusannya, PSU Halut bakal digelar 28 April 2021 mendatang.

PSU itu sendiri dalam rangka menindaklanjuti amar putusan Mahkamah Konstitusi. Di mana MK memutuskan Psu dilakukan di TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk, TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo, serta TPS 01 dan 02 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara.

Selain itu, MK memerintahkan dilakukan pemungutan suara susulan di satu TPS khusus di lingkungan PT Nusa Halmahera Minerals.

"Rencananya KPUD Halut akan mengundang pihak terkait dalam rapat koordinasi bersama pihak Bawaslu, Polres, Kodim 1508/Tobelo, Kesbangpol dan LO masing-masing paslon yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 31 Maret 2021, pukul 10.00 WIT bertempat di Green Land Hotel Desa Gura Kecamatan Tobelo, terkait pelaksanaan PSU di empat TPS dan satu TPS khusus," terang Rizal.

Penulis: Al
Editor: Sahril Abdullah