Sekilas Info

Dua OKP Cipayung Dukung Kapita Banau Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Lambang GMKI dan GMNI. (Istimewa)

Tandaseru -- Dukungan terhadap pengusulan Kapita Banau dari Halmahera Barat, Maluku Utara, menjadi Pahlawan Nasional terus disuarakan. Kali ini datang dari dua OKP Cipayung, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jailolo dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Halbar.

Dua OKP Cipayung ini bersikap akan terus mengawal janji pemerintah Daerah Halmahera Barat hingga rencana mengusulkan Banau sebagai Pahlawan Nasional sukses dan diakui negara.

Ketua GMKI Jailolo, Foxset Nyong melalui siaran persnya memberikan dukungan penuh atas rencana Pemda Halbar mengusulkan Banau sebagai Pahlawan Nasional. Menurut Foxset, Banau adalah sosok pejuang yang sudah semestinya diberikan penghargaan.

"Prinsipnya kita ketahui bersama bahwa Banau adalah tokoh pejuang yang membebaskan rakyat dari belenggu penjajahan. Ini patut diberikan penghargaan. Nah, secara institusi kami mendukung penuh atas rencana Pemda Halbar," ungkap Foxset, Kamis (4/3).

Foxset mengatakan, persoalan rencana sudah menjadi hal yang lumrah dalam  pemerintahan. Karena itu ia meminta Pemda serius mendorong Banau sebagai Pahlawan Nasional.

"Kita ketahui bersama bahwa rencana itu masuk kategori janji. Oleh karena itu, GMKI bersikap akan terus mengawal hingga rencana ini sukses. Kami minta agar Pemda jangan hanya mengeluarkan surga telinga, sebab soal Banau adalah sosok yang dirindukan oleh kami selaku generasi muda di Halbar, sehingga ini harus diseriusi,” tegasnya.

Senada disampaikan Ketua Cabang GMNI Halbar, Melkias Tjeho. Melkias bilang, Banau merupakan tokoh perjuangan dalam melawan imperialisme Belanda di jazirah Halmahera Barat, sehingga wajib hukumnya negara memberikan penghargaan berupa Pahlawan Nasional.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Mardi Hamid
Editor: Ika FR