Sekilas Info

Vaksinasi Covid-19 di Halmahera Utara, Dandim hingga Kajari Disuntik

Pejabat publik Halut yang hadir dalam pencanganan vaksinasi Covid-19. (Istimewa)

Tandaseru -- Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, menggelar pencanangan vaksinasi Covid-19, Kamis (4/2). Pencanangan ini dipusatkan di pendopo lantai 2 Kantor Bupati Halut dan dibuka EJ Papilaya selaku Asisten I Bidang Pemerintahan.

Papilaya dalam sambutannya meminta masyarakat agar secara terbuka bisa menerima vaksinasi yang dilakukan Dinas Kesehatan. Sebab vaksinasi ini untuk kepentingan bersama sebagai cara untuk memutuskan penyebaran Covid-19.

"Divaksinnya beberapa pimpinan ini sebagai contoh bagi masyarakat Kabupaten Halut bahwa vaksin Covid-19 ini aman bagi tubuh dan halal," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Halut Muhammad Tapi Tapi menuturkan, vaksin Covid-19 diberikan sebanyak dua tahap.

Pada tahap pertama, sasarannya adalah pimpinan stakeholders serta tokoh agama, tokoh masyarakat, dan setelah selesai pencanangan akan dilanjutkan dengan vaksinasi terhadap seluruh tenaga kesehatan se-Halut dengan jumlah 986 orang.

"Untuk waktu vaksinasi ditargetkan hingga akhir Februari 2021 untuk tenaga kesehatan. Sementara untuk vaksin tahap kedua bagi penerima vaksin perdana hari ini akan di lakukan pada 18 Februari nanti," ucapnya.

Sejumlah penerima vaksin pertama yakni Dandim 1508 Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, Kepala Kejari Halut I Ketut Tarima Darsana, Wakapolres Halut Kompol Wahyu Adi Waluyo S.I.K, Kabag Ops Polres halut Kompol Catur Erwin Setiawan, Kabag Umum Setda Halut Glen Lamberto  Antony, Kepala Lab PCR Jubhar Cristian Manggibulude Ph, D, perwakilan jurnalis Roby Pangemanan dan sejumlah staf Dinkes Halut. Beberapa pimpinan OPD mengalami gangguan kesehatan usai screening sehingga belum bisa diberikan vaksin Sinovac.

Penulis: Al
Editor: Sahril Abdullah