Sekilas Info

Liwo dan Sayafi, Pulau Indah yang Tetanggaan di Halmahera Tengah

Potret keindahan Pulau Liwo. (Tandaseru/Sumarno Abdullah)

Tandaseru -- Libur panjang lebaran Idul Fitri dimanfaatkan warga untuk menyerbu destinasi wisata. Di Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, dua pulau mungil yang menjadi tujuan wisata warga adalah Pulau Liwo dan Sayafi.

Sayangnya, dua pulau yang berada di depan Desa Gemia dan Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, itu belum dilirik pemda setempat untuk dikembangkan sisi ekonomisnya. Pulau yang lokasinya berdekatan itu belum memiliki fasilitas memadai seperti tempat inap dan toilet.

Padahal, Pulau Liwo dan Sayafi dikenal dengan pasir putih nan indah dan air laut yang biru jernih. Tak heran, di momentum liburan, keduanya menjadi tujuan warga untuk healing.

"Pulaunya sangat bagus. Tetapi fasilitas yang menjadi kendala bagi kami pengunjung seperti tidak ada WC umum dan penyediaan rumah nginap," ucap Rahima, salah satu pengunjung, Selasa (16/4/2024).

Ia berharap, pemerintah daerah bisa melihat potensi wisata tersebut.

"Jika pemda jeli, maka saya yakin masyarakat akan sejahtera, sebab perputaran ekonomi masyarakat setempat juga akan lancar. Masyarakat memanfaatkan pulau tersebut sebagai sumber kehidupan seperti menjual kopi serta menyediakan makanan untuk pengunjung," pungkasnya.