Sekilas Info

BKD Maluku Utara Ngaku ke KPK Kerap Ditekan Tim Sukses soal Rolling Pejabat

Dian Patria. (Tandaseru/Sahril Abdullah)

Tandaseru -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri kebiasaan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK) yang sering gonta-ganti pejabatnya dalam waktu relatif singkat.

Kepala Satgas Korsup KPK Wilayah V Dian Patria menegaskan, pihaknya telah menggelar pertemuan bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) membahas manajemen ASN.

“Tadi pertemuan bersama Pemprov Maluku Utara membahas beberapa hal penting, salah satunya adalah manajemen ASN,” ujar Dian saat ditemui awak media di kantor perwakilan pemprov di Kota Ternate, Kamis (14/12).

Dian menyatakan, dalam pertemuan tersebut, KPK meminta penjelasan terkait pembatalan pelantikan secara lisan terhadap 157 pejabat eselon III dan IV yang sebelumnya dilantik pada pertengahan tahun 2023.

“BKD sudah menjelaskan bahwa ada Surat Keputusan (SK) Gubernur terkait pembatalan, katanya tidak lisan,” ucap Dian meniru perkataan Kepala BKD Miftah Baay.

Dian lalu membocorkan hasil pertemuan lebih jauh bahwa BKD mengakui jika ada tekanan dari sejumlah pihak, termasuk tim sukses.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sahril Abdullah
Editor: Sahril Abdullah