Sekilas Info

Gerakan Cinta Laut Biru, Ini Skema Pembersihan Sampah yang Digagas Menteri KP

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat mengunjungi SPKT Pulau Morotai. (Tandaseru/Irjan Rahaguna)

Tandaseru -- Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Selasa (8/3).

Dalam kunjungan tersebut, Sakti Trenggono mendatangi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Desa Daeo Majiko, Kecamatan Morotai Selatan.

Menteri dalam pidatonya menyatakan Gerakan Cinta Laut Tetap Biru harus disampaikan kepada dunia karena kebersihan laut bukan hanya tanggung jawab Indonesia saja.

"Ke depan kami akan membuat program dalam satu tahun kita ambil waktu satu bulan, dan dalam satu bulan itu nelayan betul-betul melaut tetapi tidak mencari ikan tetapi melaut untuk membersihkan sampah. Nantinya sampah-sampah hasil yang diperoleh nelayan dari hasil melaut tersebut akan dibeli per kilonya sama dengan harga ikan yang biasa dijual," kata Sakti Trenggono.

"Terima kasih atas partisipasi semua pihak, baik masyarakat nelayan pesisir dan seluruh masyarakat Pulau Morotai yang telah menjaga laut kita tetap biru agar negara kita juga menjadi biru dan dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang," cetusnya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Sahril Abdullah