Sekilas Info

Pemda Halmahera Barat Evaluasi Pilkades, Ini Poin Penting yang Akan Dibahas

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Halmahera Barat, Markus Saleky. (Tandaseru/Mardi Hamid)

Tandaseru -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Halmahera Barat, Maluku Utara, dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi penetapan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022.

Kepala DPMPD Halbar Markus Saleky kepada tandaseru.com menyatakan, penetapan tahapan Pilkades masih menunggu agenda rapat bersama bupati dan seluruh stakeholder, asisten I dan II, dalam rangka membahas hal-hal teknisnya.

"Karena ini akan dilakukan evaluasi menyeluruh sehingga harus ada bupati dan asisten. Kita semua melihat kelemahan-kelemahan Pilkades kemarin kemudian kita mengevaluasi hal-hal itu," ungkap Markus.

Sementara Kepala Bidang Pemdes DPMPD Halbar Jafar M Dun saat dikonfirmasi menjelaskan untuk persyaratan garis-garis besarnya masih sama seperti Pilkades tahun lalu. Poin-poinnya pun telah tertuang dalam peraturan bupati.

"Dan kemudian ada juga untuk kades yang incumbent ada syarat tambahan yakni harus menyampaikan laporan masa akhir jabatan," tuturnya.

"Tetapi persyaratannya sudah tidak lagi. Teknis pelaksanaannya yang kamarin terus permasalahan, kita mencoba meminimalisir itu dan akan dituangkan ke dalam perbup dan lain-lain," sambung Jafar.

Menurutnya, kemungkinan pekan depan digelar rapat internal untuk menentukan jadwal evaluasi.

"Hingga tahapannya bisa berjalan selama 6 bulan, dan masa akhir jabatan kades itu 13 September," kata Jafar.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Mardi Hamid
Editor: Ika Fuji Rahayu