Sekilas Info

Dapat Suntikan Dana Rp 2 Miliar, Ini 3 Program Prioritas Dinas Pertanian Ternate

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly. (Tandaseru/AYA K)

Tandaseru -- Dinas Pertanian Kota Ternate, Maluku Utara, tahun 2022 mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 2.434.880.000 dari Pemerintah Pusat.

Anggaran sebesar itu diprioritaskan untuk tiga program dan kegiatan. Tiga program tersebut terdiri dari program dan kegiatan pengembangan kepenyuluhan bidang ketenagaan, pengembangan perkebunan jalan usaha tani, dan penguatan irigasi.

"Kita fokus pengembangan irigasi air dangkal di Moti, untuk pengembangan kekurangan air yang selama ini terjadi. Semua ini program sifatnya padat karya, jadi nanti kelompok petani itu yang melaksanakan kegiatan itu di luar dari kegiatan yang berkaitan nonfisik. Saya tidak tahu berapa jumlah yang didapatkan secara keseluruhan Kota Ternate, tetapi yang kami baru tahu dirilis dari kementerian sekitar Rp 2 miliar," ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, Rabu (13/10).

Thamrin menegaskan, dari total dana itu juga dibagi ke Dinas Ketahanan Pangan, karena satu rumpun. Sedangkan untuk jalan perkebunan, sudah tercantum lokasi yang akan dilaksanakan yakni, di Kelurahan Loto dan Kelurahan Taduma.

"Jalan perkebunan jadi kita dapat dua ruas, satu ruas sekitar Rp 100 jutaan sudah tercantum lokasi yang akan dilaksanakan. Untuk jalan, rencana di Loto dan Taduma, teknisnya belum dirilis," terangnya.

Thamrin berharap semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat, terutama memberikan ruang dan akses untuk masyarakat tani.

"Kami berharap dengan bantuan ini semoga bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Penulis: AYA K.
Editor: Sahril Abdullah