Sekilas Info

Ini Penyebab Lampu dan Air Mancur di Tugu Taliabu Tak Berfungsi

Tugu Hemungsia Sia Dufu di Kota Bobong, Pulau Taliabu. (Tandaseru/Fardanan Fahri)

Tandaseru -- Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Sudirman angkat bicara soal fasilitas pendukung Tugu Hemungsia Sia Dufu yang tak berfungsi.

Fasilitas tersebut di antaranya adalah air mancur dan lampu.

Menurut Sudirman, lampu di tugu tak nyala lantaran kabelnya putus.

"Kalau menurut teman yang sering menghidupkan lampu di tugu, kabel penghubung ke taman yang putus," kata Sudirman, Rabu (13/10).

Sebelum memastikan benar-benar kabel penghubung putus, ia juga memerintahkan bawahannya untuk mengecek pulsa lampu. Sebab lampu di tugu tersebut menggunakan meteran listrik elektrik.

"Saya bilang coba cek, jangan sampai (karena) token. Karena pakai sistem token," kata Sudirman.

Ia mengaku PUPR kesulitan mengontrol pemeliharaan tugu lantaran kekurangan staf.

"Kalau dulu masih ada honorer, ada yang kontrol terus tugu itu. Tapi, setelah dirumahkan honorer, kita sudah tida ada staf yang kontrol lagi," ujarnya.

Sementara untuk biaya pemeliharaan, kata Sudirman, pihak rekanan telah melakukan pekerjaan sebelum memasuki 17 Agustus 2021, yakni mulai dari pembersihan air di kolam, pengecatan tugu, dan mengganti lampu sorot dalam taman.

"Setelah Agustus masih menyala. Kasih bersih sampah di dalam, kemudian cat di dalam, ganti lampu sorot yang di atas itu. Kemudian kabel sempat dipalang di jalan kemarin itu, dialas dengan kayu," pungkasnya.

Penulis: Fardanan Fahri
Editor: Sahril Abdullah