Sekilas Info

PDIP Malut Kerahkan Kekuatan Penuh Hadapi PSU di Halmahera Utara

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Muhammad Sinen. (Istimewa)

Tandaseru -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maluku Utara akan mengerahkan seluruh kekuatan untuk memenangkan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Halmahera Utara.

Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Utara, Muhammad Sinen mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan PDIP terhadap fakta persidangan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi, PDIP berkesimpulan Pilkada Halmahera Utara berpeluang sangat besar terjadinya pemungutan suara ulang (PSU).

"Banyak sekali pelanggaran di lapangan. Salah satunya adalah KPU berseberangan dengan Bawaslu, di mana KPU tidak menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu. Untuk itu kami optimis akan terjadi PSU di Halut," ujar Sinen, Kamis (4/3).

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan dua periode ini menambahkan, PDIP akan mengerahkan seluruh kekuatan dengan menginstruksikan semua kader partai untuk sama-sama mengawal PSU, di mana target PDIP adalah memenangkan pertarungan kepala daerah di Halut.

"PDIP tetap berjuang memperjuangkan kemenangan," ungkapnya.

Meski begitu, lanjutnya, sebagai warga negara yang taat hukum PDIP tetap patuh terhadap hasil putusan MK.

"Kita sebagai warga negara harus menerima apapun hasil putusan MK nanti, namun saya tetap optimis akan PSU," tandasnya.

Sebaliknya, untuk tahapan Pilwako Ternate, menurut Sinen berpeluang sangat kecil terjadinya PSU.

"Saya tidak memihak ke siapa-siapa, saya hanya memandang dengan kacamata politik saya, bahwa Kota Ternate itu akan sama dengan kabupaten/kota yang lain, karena tidak memenuhi Pasal 158 yang akhirnya dilanjutkan dengan tahapan persidangan berikut, terus peluang kecurangan di paslon TULUS tidak ada," tandasnya.

Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah