Sekilas Info

Hormati Proses di MK, Sekretaris Tim FAM-SAH Yakin Kemenangan Tidak Berubah

Sekretaris Tim FAM-SAH, Lasidi Leko. (Tandaseru/Samsur Sillia)

Tandaseru -- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sula, Maluku Utara, Fifian Adeningsi Mus dan M. Saleh Marasabessy (FAM-SAH) megajak semua tim FAM-SAH dan masyarakat Sula agar bisa menaati segala proses yang saat ini berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia. Hal ini diungkapkan Sekretaris tim FAM-SAH, Lasidi Leko kepada tandaseru.com, Rabu (20/1).

Lasidi bilang, sebagai warga negara yang baik, patutlah menaati segala proses perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama proses penanganan perselisihan hasil pilkada (PHP) Sula yang saat ini ditangani MK. MK saat ini tengah menangani PHP Kepulauan Sula yang diajukan paslon nomor urut 1 Hendrata Thes dan Umar Umabaihi (HT-UMAR).

"Mari kita hormati proses di MK. Apapun keputusannya nanti, kita tetap harus menghargai proses hukum yang tengah berlangsung di Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Ia menjelaskan, akta registrasi perkara konstitusi Nomor 90/PHP.BUP-XIX/2021 yang diterbitkan MK pada 18 Januari 2021 kemarin, itu merupakan bagian dari proses hukum yang sedang dijalankan MK.

"Jadi untuk seluruh tim FAM-SAH, mari kita hargai proses ini dan tetap menaati perundang-undangan yang berlaku. Apapun hasilnya, kita tetap harus mengacu pada mekanisme penanganan PHP di MK," tutur Lasidi.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat Sula agar bisa menjaga silaturahmi yang baik, sehingga tidak terprofokasi dengan isu-isu hoaks yang bisa menciptakan kegaduhan di Kabupaten Kepulauan Sula.

"Mari kita jaga silaturahmi agar tidak terjadi gesekan di antara masyarakat maupun pendukung masing-masing paslon,” ucapnya.

Lasidi menegaskan, apapun keputusan MK nanti, itu merupakan proses demokrasi di republik ini.

"Apapun keputusannya, dan siapapun pemenangnya, tim FAM-SAH meyakini proses demokrasi di tanggal 9 Desember 2020 lalu sudah diselesaikan penyelanggara, terutama KPUD dan Bawaslu Sula yang telah melaksanakan fungsi serta kewenangannya dengan baik," imbuhnya.

Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kepulauan Sula ini meyakini, jagoan usungan PBB ini tetap menjadi pemenang di Pilkada Sula tahun 2020.

"Sebagai pimpinan salah satu partai pengusung, saya yakin kemenangan FAM-SAH tidak akan berubah," tandasnya.

Penulis: Samsur Sillia
Editor: Ika FR