Sekilas Info

Loloskan Petahana dalam Pilkada, KPU Halut Digugat

Paslon Joel B. Wagono dan Said Bajak dikawal pendukungnya. (Istimewa)

Tandaseru -- Tim Pemenangan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, Maluku Utara Joel B. Wagono-Said Badjak (JOS) mengadukan Komisi Pemilihan Umum ke Bawaslu Halut. KPU diadukan setelah menetapkan paslon Frans Manery-Muchlis Tapi Tapi (FM-MANTAP) sebagai peserta Pilkada.

Ketua Tim Pemenangan JOS Irfan Soekoenay menilai, KPU telah melakukan pelanggaran dengan menetapkan FM-MANTAP sebagai paslon. Pasalnya, pasangan ini masih dalam proses terkait dengan rekomendasi adanya pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh FM-MANTAP.

“Kami minta Bawaslu dapat tindak lanjut laporan pengaduan ini dan tentu kami juga berencana membuat laporan ke DKPP atas dugaan pelanggaran kode etik oleh KPUD Halut,” ujar Irfan saat dikonfirmasi tandaseru.com, Minggu (27/9).

Komisioner Divisi Hukum Bawaslu Halut Iksan Hamiru membenarkan laporan yang diterima oleh pihaknya dari Timses JOS.

“Nantinya kami kaji lagi,” singkat Iksan.

Sementara Anggota KPU Halut Sefriando Bitakono mengatakan, langkah penetapan pasangan calon yang dilakukan KPU Halut sudah sesuai tahapan dan PKPU. Rekomendasi yang diserahkan oleh Bawaslu ke pihak KPU juga tengah ditindaklanjuti. Sebab, waktu pengkajian dan pencermatan terhitung selama 7 hari mulai dari rekomendasi tersebut diterima.

“Yang jelas, tengah ditindaklanjuti rekomendasinya. Dan kemungkinan Selasa pekan depan sudah ada keputusannya. Kemudian untuk penetapan paslon, itu merupakan tahapan yang sudah ditetapkan di dalam PKPU sehingga tidak bisa dibatalkan. Intinya tahapan dan kasus berjalan bersamaan hingga ada keputusannya,” tandasnya.

Penulis: Al
Editor: Sahril. A