Sekilas Info

31 Warga Maluku Utara Terjangkit Corona

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Tandaseru -- Puluhan pasien positif corona kembali teridentifikasi di Provinsi Maluku Utara, Jumat (7/8). Hari ini, jumlah pasien positif bertambah 31 orang, membuat angka kasus positif kumulatif menjadi 1.613.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf memaparkan, tambahan pasien positif hari ini didapat dari hasil pemeriksaan spesimen melalui polymerase chain reaction (PCR) RSUD Chasan Boesoirie (RSCB) Ternate sebanyak 18 orang dan tes cepat molekuler (TCM) RSCB 13 orang.

“Pasien positif hari ini berasal dari Kota Ternate 12 orang, Kota Tidore Kepulauan 8 orang, Halmahera Selatan 4 orang, Pulau Morotai 3 orang, Halmahera Barat 2 orang, dan Halmahera Utara 2 orang,” jabar Alwia.

Penambahan ini membuat jumlah kasus positif di Ternate sampai hari ini sebanyak 673 kasus, Halmahera Utara 266 kasus, Tikep 219 kasus, Halsel 162 kasus dan Halmahera Timur 123 kasus. Lalu Pulau Morotai 71 kasus, Kepulauan Sula 48 kasus, Halmahera Barat 38 kasus, Halmahera Tengah 8 kasus, dan Pulau Taliabu 0 kasus.

Gugus Tugas juga mengumumkan kesembuhan 4 orang pasien hari ini. Keempat pasien sembuh berasal dari Halsel.

“Sampai saat ini, tercatat sudah 1.311 pasien yang dinyatakan sembuh,” tutur Alwia.

Sementara itu, satu pasien dinyatakan meninggal dunia akibat corona. Pasien tersebut berasal dari Halut.

“Sehingga total pasien meninggal akibat Covid-19 sampai hari ini sebanyak 50 orang,” ucap Alwia.

Saat ini, pasien yang tengah dirawat di RSCB Ternate sebanyak 2 orang yang merupakan pasien positif Covid-19. Sedangkan yang sedang menjalani karantina di Sahid Bela Hotel Ternate sebanyak 17 orang yang terdiri dari 16 kasus positif dan 1 orang discardid.

Penulis: (Tim)
Editor: Ika FR