Sekilas Info

2024, Aturan dan Besaran Retribusi Parkir di Ternate Berubah

Mochtar Hasim. (Istimewa)

Tandaseru -- DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, telah mengesahkan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang pajak dan retribusi daerah menjadi peraturan daerah (perda) dalam sidang paripurna yang digelar Senin (4/12).

Setelah disahkan menjadi perda, Pemerintah Kota Ternate akan segera melakukan sosialisasi atas perda yang mengatur tentang pajak dan retribusi daerah termasuk perubahan tarif dan pemberlakuan retribusi parkir di kawasan Zona Ekonomi Terpadu (ZET) di Kota Ternate.

Kepala Dinas Perhubungan Mochtar Hasim mengatakan, Dishub dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui media massa.

“Sehingga pada tanggal 1 Januari 2024 penerapan perda ini kita sudah mulai laksanakan,” kata Mochtar.

Menurutnya, dalam perda tersebut ada dua item yang menjadi fokus pengelola retribusi, di antaranya perubahan nilai tarif serta pemberlakukan penarikan retribusi parkir pada pintu-pintu masuk kawasan ZET.

"Berdasarkan hasil kesepakatan dengan DPRD Kota Ternate bahwa nilai tarif retribusi parkir kendaraan roda dua naik menjadi Rp 2.000 dari nilai sebelumnya Rp 1.000, sementara kendaraan roda empat dari Rp 2.000 naik menjadi Rp 4.000," terang Mochtar.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yasim Mujair
Editor: Sahril Abdullah