Sekilas Info

Kenapa Harus Sekda Menjadi Pilihan Pejabat Kepala Daerah?

Tentri Wulan Aris. S.H., M.H. (Istimewa)

Dalam hal ini mengacu pada regulasi yang mengatur kekosongan jabatan karena cuti atau kepala daerah Bupati/Walikota berhalangan maka Gubernur selaku wakil pemerintah pusat akan mengusulkan calon pengganti kepada Mendagri yang nantinya akan ditetapkan oleh Mendagri langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kekosongan yang tidak terencana sebelumnya. Tidak adanya aturan teknis dapat menyebabkan berbagai polemik, salah satunya DPRD ataupun Gubernur menolak Pj yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Kenapa Harus Sekda?

Pengisian Pj kepala daerah saat ini rentan dengan kepentingan politik menuju pemilihan umum dan pemilihan Presiden 2024 mendatang karena itu ada ketakutan akan dimanfaatkan oleh berbagai pihak sebagai taktik membangun kekuatan politik menjelang dua kontestasi politik besar.

Oleh sebabnya penentuan sosok yang menjadi Pj mendapat perhatian publik. Berbagai isu yang muncul di berbagai media mengenai sosok yang menjadi Pj diberbagai daerah, mulai dari unsur kementerian, unsur dari TNI/Polri, hingga Sekda. (*)

Selanjutnya 1 2 3