Sekilas Info

Bupati Halmahera Selatan Temui Menteri Pertanian Bahas 3 Program Strategis

Pertemuan Bupati Halmahera Selatan dengan Menteri Pertanian dan jajarannya. (Istimewa)

"Program tersebut adalah kredit petani agar petani dapat melakukan Kredit Usaha Rakyat/Petani. Kemudian, peningkatan produksi pertanian, perkebunan dan peternakan, melalui Gasak Pekebun (Gerakan Peningkatan Produksi Komoditas Perkebunan) melalui kegiatan pembuatan irigasi air tanah dalam sumur bor pada sentra-sentra perkebunan rakyat, pembuatan jalan produksi perkebunan," jabar Agus.

Ia menjelaskan, Gasak Petani atau Gerakan Peningkatan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura itu berupa pembuatan jalan tani, embung, RJIT, pengadaan alsintan (alat mesin pertanian), dan irigasi air tanah dangkal pada sentra-sentra tanaman pangan dan hortikultura.

Lalu Gasak Peternak (Gerakan Peningkatan Produksi Komoditas Peternakan), pembuatan Puskeswan, rehabilitasi Puskeswan, pengadaan sarana prasarana Puskeswan, dan Sikomandan (Sapi Kerbau Andalan Nasional).

"Itu dilakukan dengan penanggulangan dan mengatasi dampak perubahan Iklim atau DPI kegiatan pengendalian organisasi pengganggu tanaman (OPT), pertanian dan perkebunan serta penyakit ternak. Kemudian, Kostratani melalui rehabilitasi, sarana prasarana pendukung penyuluhan kantor BPP (Balai Penyuluh Pertanian) dan pelatihan tematik, serta penguatan kelembagaan petani," urainya.

"Jadi, Menteri mengintruksikan kepada Pak Bupati agar segera melakukan kegiatan pertanian berbasis kawasan dengan tidak menafikan kearifan lokal untuk kesejahteraan petani dan Pak Bupati setuju segera ditindaklanjuti," pungkas Agus.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah