Sekilas Info

Perayaan STQ Bawa Dampak Ekonomi di Ternate

Samin Marsaoly. (Istimewa)

Tandaseru -- Staf Ahli Wali Kota Ternate Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Samin Marsaoly menyatakan Pemerintah Kota Ternate memberikan dukungan penuh perayaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional di Maluku Utara.

STQ Nasional yang baru pertama digelar di Maluku Utara itu, menurutnya, membawa dampak terhadap perekonomian Maluku Utara, salah satunya Kota Ternate. Meski event nasional itu baru akan digelar pada 16 Oktober.

“Karena Kota Ternate merupakan pintu masuk, sehingga para kafilah yang berasal dari luar Maluku Utara yang berlaga di event STQ ini datang melalui Ternate,” ujar Samin, Rabu (13/10).

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate itu mengatakan, dengan kehadiran para kafilah ini maka dari aspek ekonomi sangat berpengaruh, lantaran dapat menumbuhkan geliat ekonomi di Kota Ternate.

“Sejak sepekan kemarin omzet di Swalayan Taranoate meningkat, begitu juga dampaknya dirasakan oleh sopir angkutan baik mobil sewaan (rental) maupun usaha jasa transportasi laut,” terangnya.

Selain itu, sambung mantan Kepala Dinas Pariwisata itu, setiap kontingen yang datang dan hendak ke lokasi kegiatan harus menggunakan transportasi laut yakni speedboat.

“Bahkan dalam beberapa hari menjelang gelaran STQ ini, dari laporan yang kami terima penumpang speedboat meningkat. Ini dampak dari STQ ini. Sebab setiap event yang digelar punya dampak selain karena promosi daerah juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” tegasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: AYA K.
Editor: Ika FR