Sekilas Info

Pemprov Maluku Utara Terima Penghargaan APE Perdana

Gubernur Maluku Utara menerima penghargaan APE didampingi Kepala Dinas PPA Malut. (Istimewa)

Tandaseru -- Kali pertama dalam sejarah, Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

Anugerah tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Penghargaan APE 2020 diberikan kepada 13 Kementerian/Lembaga, dan juga 29 Pemerintah Provinsi, serta sebanyak 193 Pemerintah Daerah Kabupaten dan 73 Pemerintah Kota secara daring.

Penghargaan yang diterima Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Gubernur Maluku Utara menerima penghargaan APE. (Istimewa)

Sejak 2004, Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Hal ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan APE yang terdiri dalam 4 kategori, yakni kategori Pratama, diberikan kepada 8 provinsi, dan 113 kabapaten/kota; kategori Madya, diberikan kepada 6 kementerian, 4 provinsi, dan 91 kabupaten/kota; kategori Utama, diberikan kepada 13 provinsi, dan 59 kabupaten/kota; serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 7 kementerian/lembaga, 4 provinsi dan 4 kabupaten/kota.

Hal ini disampaikan Menteri PPPA, Bintang Puspayoga saat memberikan penghargaan APE 2020 di Jakarta secara virtual pada tanggal 13 oktober 2021.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tim
Editor: Ika FR