Sekilas Info

Baliho AMR Dirusak OTK, Tim Pemenangan: Ada yang Cemas dan Takut

Baliho milik paslon AMR di Desa Belo yang dirusak OTK. (Istimewa)

Tandaseru -- Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Aliong Mus dan Ramli (AMR) dirusak orang tak dikenal (OTK). Baliho milik paslon nomor urut 2 yang rusak itu terletak di Desa Belo, Kecamatan Taliabu Timur Selatan.

Ketua Tim Koalisi Partai Kecamatan Taliabu Timur Selatan Darmin Drakel yang didampingi Pimca Partai Golkar La Pili kepada Liaison Officer (LO) AMR menyebutkan, pengrusakan ini terjadi sekitar Minggu (25/10) dini hari.

Darmin menilai, aksi pengrusakan ini dilakukan oleh oknum terlatih dan berpengalaman. Sebab sejak semalam tim pemenangan AMR masih terus melakukan pemantauan kondisi APK hingga jam 00.00.

“Kerusakan ini diketahui pagi tadi, jadi perkiraan kami kejadian pengrusakan baliho ini terjadi pada sekitar jam 3 subuh tadi. Karena jam 00.00 sampai pukul 01.00 dini hari baliho itu masih utuh,” ungkap Darmin.

Pengrusakan itu, sambung Darmin, tergolong parah. Sebab gambar wajah Cabup Aliong disobek utuh, sedangkan gambar wajah Cawabup Ramli diiris dengan benda tajam.

“Sebenarnya foto keduanya ikut dirusak tetapi hanya Calon Bupati yang dilubangi dengan menggunakan benda tajam,” akunya.

LO AMR Achun Nurdin pun meminta Ketua Koalisi Partai Pendukung AMR secepatnya melakukan koordinasi dengan Tim Koalisi Desa untuk melaporkan ke Panwascam Taltimsel.

“Bagian Sekretariatan AMR melalui LO telah menyampaikan kepada tim di Taltimsel untuk dapat menindaklanjuti ke Panwascam,” kata Achun.

Di balik aksi pengrusakan APK tersebut, lanjut Achun, merupakan bentuk kecemasan dan kekhawatiran pihak lain melihat pergerakan tim relawan paslon AMR yang begitu masif.

“Tidak kali ini saja atribut petahana dirusak oleh oknum tidak bertanggungjawab. Tapi sudahlah, kami maafkan saja, mungkin saja mereka sangat khawatir dan cemas dengan gerakan relawan petahana. Sehingga upaya yang mereka lakukan ya salah satunya merusak APK petahana,” sebutnya.

Walaupun demikian, Achun mengingatkan dan mengimbau kepada seluruh tim pemenangan dan pendukung paslon AMR agar tidak melalukan hal serupa.

“Saya minta semua unsur pendukung untuk sabar dan menahan diri, dan tidak membalas. Karena tim pemenangan AMR tidak memiliki sikap yang akan menyulut emosi para pendukung. Intinya kami tetap akan santun menyikapi ini,” ucapnya.

Dia menambahkan, aksi pengrusakan ini bakal dibawa ke ranah hukum. Namun hal itu akan terlebih dahulu didiskusikan dengan tim hukum AMR.

“Kami masih melakukan koordinasi dengan tim, apakah kita akan laporkan ke pihak yang berwenang,” tandasnya.

Penulis: Fardanan
Editor: Ika FR