Sekilas Info

Polda Malut Bakal Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Langit-Langit

Konferensi pers terkait kegiatan operasi gratis celah bibir dan langit-langit. (Tandaseru/Rikam)

Tandaseru -- Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut) bakal menggelar bakti kesehatan Polri berupa operasi celah bibir dan celah langit-langit. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74.

Operasi yang akan digelar di Rumah Sakit Bhayangkara Ternate itu rencananya diselenggarakan pada 13, 14 hingga 15 Agustus 2020.

Kepala Rumah Sakit IV Bhayangkara Polda Malut, Kompol drg. Tenang Wahyudi yang didampingi Kaur Mitra Bidhumas Polda Malut, AKP Eksan Umanailo mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan bantuan ini terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif diharapkan masyarakat semakin produktif di masa pandemi ini sehingga bisa keluar dari situasi krisis," tutur Tenang dalam konferensi pers, Rabu (29/7).

Ia menambahkan, sehari sebelum pelaksanaan operasi, yakni tanggal 12 Agustus, akan dilaksanakan screening pasien yang sudah mendaftar. Adapun syarat dan ketentuannya adalah, pasien celah bibir minimal usia 3 bulan dan berat badan 5 kilogram, sedangkan untuk pasien celah langit-langit minimal 1 tahun dan berat badannya 10 kg.

"Dan dalam keadaan sehat," tutur Tenang.

"Untuk tim dokter pelaksananya dari Tim Bedah Plastik dari Surabaya yang bekerja sama dengan Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia dan Smile Train (Perapi)," sambungnya.

Tenang bilang, jumlah kuota pasien sementara dibatasi 20 orang. Namun jika animo warga dan kasusnya tinggi maka bisa jadi ditambah.

"Karena nanti yang mendaftar akan kita screening dulu," pungkasnya.