Sekilas Info

Petahana di Pilkada Dapat Atensi Tersendiri dari Bawaslu Ternate

Kifli Sahlan. (Istimewa)

Tandaseru -- Ketua Bawaslu Kota Ternate, Maluku Utara, Kifli Sahlan menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan atensi tersendiri terhadap petahana yang ikut mencalonkan diri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Ternate 2024.

Atensi dalam pengawasan Pilkada serentak itu, kata Kifli, merupakan instruksi langsung dari Bawaslu Provinsi Maluku Utara bahkan Bawaslu RI.

"Di semua daerah kami sudah disampaikan pimpinan provinsi dan Bawaslu RI bahwa khusus untuk petahana pasti menjadi atensi tersendiri," kata Kifli, Kamis (4/7).

Dikatakan, petahana mendapat atensi tersendiri karena potensi kerawanannya dalam penyalahgunaan kewenangan, fasilitas, dan perangkat negara untuk kepentingannya di pencalonan Pilkada.

Menurut Kifli, terlebih lagi Pilkada memiliki tarikan kepentingan yang lebih kuat dibandingkan pemilihan umum yang lain.

"Pilkada ini tarikan kepentingannya lebih kuat, otomatis tensinya akan lebih naik oleh karena itu beberapa potensi kerawanan yang menjadi titik fokus kami yang pertama adalah mobilisasi ASN," jelas dia.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Ardian Sangaji
Editor: Ardian Sangaji