Sekilas Info

Papua Selatan, Politik dan Kemanusiaan

Yusak Yaluwo, S.H.,M.Si. (Istimewa)

Oleh: Yusak Yaluwo, S.H.,M.Si

Calon Gubernur Papua Selatan 2024

________

PERBEDAAN orang, pandangan, tempat, budaya, pilihan politik, dan identitas tidak mesti saling mengasingkan, tetapi harus membangun sebuah percakapan politik kemanusiaan yang menyatukan.

Percakapan ini mengarahkan kita semua di Papua Selatan pada satu nilai perjuangan bersama akan keadilan, hak asasi, ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, dan pemerataan infrastruktur. Semuanya merupakan langkah konkret dari percakapan tentang hak-hak kita sebagai masyarakat yang senantiasa berkembang.

Memang kondisi Papua Selatan saat ini dalam proses pencarian kerangka intelektual untuk menerobos semua kebuntuan dan ketidakmungkinan. Kerangka itu bermula dari gagasan besar sebagai grand design untuk pembangunan di semua sisi. Sebab, kita punya banyak sumber daya yang dapat mendukung itu, dari darat kita punya hutan yang luas, di laut kita juga punya kekayaan yang sangat melimpah.

Kalau saja tidak ada kebijakan yang baik untuk mewujudkan kemajuan, maka persisnya kita hanya menjadi sekumpulan manusia politik yang belum berguna. Karena itu, kembali kepada khitah kita sebagai makhluk berpolitik, kita diatur oleh ketentuan aturan, kita juga dibimbing oleh pemimpin, yang ketika diberi amanah dia harus bertanggung jawab, ketika diberi tugas dia harus mampu melaksanakan.

Papua Selatan adalah primadona, sebuah daerah otonomi baru yang harus keluar dari cengkeraman birokrasi yang berbelit, tradisi politik yang mengacaukan, ketidakadilan, dan mampu menciptakan peta demokrasi yang memayungi kepentingan semua golongan. Papua Selatan adalah rumah para politisi hebat dan saling peduli antar sesama.

Saya jadi teringat dengan kata-kata Ruth Bader Ginsburg, seorang perempuan ahli hukum Amerika Serikat, bahwa kita harus berjuang untuk hal-hal yang kita pedulikan. Ucapan ini merupakan  untaian sederhana yang tersimpan dalam memoar perjalanan karir saya dalam jagat politik: berjuang bersama untuk kepentingan semua orang, terlepas dari apapun afiliasi partai politik, toh kita semua sama-sama orang Papua Selatan, bangsa yang punya adab dan adat.

Selanjutnya 1 2