Sekilas Info

Pemkot Tidore Bakal Cairkan Anggaran Pilkada Bawaslu 2 Tahap

Pertemuan Wali Kota dengan Bawaslu Tidore Kepulauan. (Istimewa)

Tandaseru -- Jelang perekrutan jajaran ad hoc dalam rangka pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, yang dipimpin Ketua Amru Arfa bersama jajaran melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus koordinasi terkait anggaran hibah Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dengan Wali Kota Capt. Ali Ibrahim, Rabu (17/4/2024).

Wali Kota dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungannya yang besar terhadap Bawaslu pada proses pengawasan Pilkada 2024 di Kota Tidore Kepulauan.

“Anggaran hibah dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk Bawaslu pada Pilkada 2024 akan dicairkan bertahap,” tutur Ali.

Ali menambahkan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan mencairkan anggaran hibah untuk Bawaslu Kota Tidore dengan sistem pencairan bertahap yaitu 40% dan 60%. Dengan sistem ini, kas keuangan daerah dapat berimbang. Wali kota dua periode ini juga memerintahkan Kepala BPKAD agar dalam waktu dekat segera koordinasikan terkait keuangan daerah ke Kemenkeu.

“Pemerintah pusat membuka formasi pendaftaran PPPK di daerah, ada yang dikucurkan anggarannya melalui beberapa dinas terkait, ada juga yang tidak, dan itu dikembalikan menjadi tanggung jawab daerah. Ini perlu dikoordinasikan, agar keuangan daerah tetap stabil, maka pencairan anggaran hibah dalam mendukung Pilkada 2024 akan bertahap,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Amru Arfa mengatakan, ini merupakan kunjungan silaturahmi karena baru saja berakhir suasana lebaran Idul Fitri. Kunjungan ini juga sekaligus melakukan koordinasi ke Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terkait anggaran hibah untuk Bawaslu, karena proses pengawasan tahapan Pemilihan Kepala Daerah sudah mulai berlangsung sejak Februari 2024.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ika Fuji Rahayu
Editor: Ika Fuji Rahayu