Sekilas Info

Tekan Inflasi, BI Maluku Utara Gelar Festival GNPIP

R. Eko Adi Irianto. (Tandaseru/Sofyan Togubu)

Tandaseru -- Festival Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Maluku Utara tahun 2023 bakal berlangsung di pelataran parkir Waterboom Ternate 20-21 November 2023.

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara R Eko Adi Irianto saat menggelar media briefing
di ruang rapat BI, Kamis (16/11). Festival GNPIP kali ini bertema "Sinergi Mewujudkan Ketahanan Pangan Melalui Diversifikasi Pangan Lokal".

Menurut Eko, festival tersebut sebagai bentuk konsistensi dan mengakselerasi upaya pengendalian inflasi. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara berkolaborasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

"Pelaksanaan GNPIP merupakan upaya pengendalian inflasi di wilayah Maluku Utara yang memiliki tingkat inflasi relatif tinggi sebesar 4,31% (Oktober 2023 yoy), serta sebagai langkah strategis dalam menghadapi potensi peningkatan tekanan inflasi yang bersumber dari beras sebagai komoditas utama," jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan kolaborasi pengendalian inflasi pangan Provinsi Maluku Utara yang dilakukan dengan berbagai cara dari hulu ke hilir.

"Di mana dari sisi hulu terdapat peningkatan produktivitas pertanian dengan menggunakan digital farming melalui workshop dengan Prof. Nugroho, penguatan jalur supply makanan dengan kerja sama antar daerah, dan bibit rica ke ASN dan bantuan BI dari sisi alat produksi," terangnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sofyan Togubu
Editor: Sahril Abdullah