Sekilas Info

Puskesmas di Halmahera Tengah Gelar Lokakarya Bahas Sejumlah Isu Kesehatan

Lokakarya mini lintas sektor Puskesmas Lelilef. (Istimewa)

Tandaseru -- Puskesmas Lelilef, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, menggelar lokakarya mini lintas sektor. Kegiatan itu  dilakukan di kantor desa Lelilef Sawai, Kamis (31/8).

Kegiatan lintas sektor ini dibuka Camat Weda Tengah Ilham Suud dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Asrita Sidete yang dipimpin moderator Miftahur Sahrin.

Lokakarya mini puskesmas ini dalam Permenkes 43 tentang Manajemen Puskesmas dilakukan rutin setiap 3 bulan.

Kepala Puskesmas Weda Tengah Bachsyuan Zami Hasan mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengakselerasian menghadapi suatu problem, khususnya permasalahan kesehatan di wilayah desa lingkar tambang.

"Untuk meningkatkan kerja sama tim memantau cakupan pelayanan kesehatan di puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas," katanya.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih hampir 2 jam itu dapat menghasilkan rumusan rencana tindak lanjut. Mulai dari permasalahan sampah, lokasi posyandu untuk Desa Sawai Itepo, Desa Kobe dan desa persiapan Lukolamo.

"Lalu permasalahan penanganan stunting yang menjadi isu nasional, agar sama-sama kita keroyok dalam integrasi terkait dengan memberikan makanan tambahan yang bergizi, serta bagaimana menangani penyakit HIV/AIDS di Halmahera Tengah," ujar Bachsyuan. 

Selanjutnya 1 2