Sekilas Info

Peran Civitas Akademika Politeknik Kesehatan Kemenkes Ternate di Era Teknologi Digital

Arsad Suni. (Istimewa)

Hari ini, telah menjadi tontotan dan hal biasa bagi kita, bahwa hadirnya teknologi informasi telah berdampak terhadap banyaknya lowongan pekerjaan baru, namun juga banyak para pekerja yang akan kehilangan pekerjaannya karena sebagian bidang pekerjaan akan diambil alih oleh robot, tidak terkecuali pekerjaan di bidang kesehatan. Hal ini bagi mahasiswa Polkester diharapkan dapat dijadikan sebgai motivasi untuk meningkatkan dan menggali lebih giat lagi pengetahuan dan skill yang nantinya akan berguna bagi nusa dan bangsa.

Mahasiswa Polkester harus lebih fokus mengikuti perkembangan era digital, harus mampu bersaing secara kompeten, dan harus memberikan dampak positif dengan selalu mencoba dan mencari cara baru untuk mengembangkan teknologi yang sudah ada. Hal ini tentunya harus didukung sepenuhnya oleh para orang tua, karena orang tua berperan penting dalam memfasilitasi anaknya menggunakan sarana teknologi informasi berupa handphone dan laptop.

Peran Dosen
Dosen merupakan tenaga pendidik professional dengan tugas utamanya adalah mentrasformasikan ilmu pengetahuan kepada mahasiswanya, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Peran dosen suatu perguruan tinggi umummnya, lebih khusus dosen Polkester dalam menjalani era revolusi industri 4.0 atau era digitalisasi saat ini sangat penting dan sangat menentukan mutu lulusan Polkester yang siap diterima dan bekerja di tatanan layanan kesehatan. Maka dosen Polkester harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Hal ini sejalan dengan pemikiran Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (Era sebelum Mas Menteri Nadiem Makarim) dalam sebuah pengarahan mengatakan bahwa, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi dan siap berkompetisi dibutuhkan dosen yang memiliki kompetensi inti keilmuan (core competence) yang kuat, mempunyai soft skill, critical thinking, kreatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi dengan mahasiswanya. Dengan demikian, berikut penulis mencoba menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan peran dosen di Polkester.

Kemampuan Dosen Beradaptasi dengan Teknologi
Dalam menjalani kehidupan kampus di era revolusi industri 4.0 bahkan 5.0, Dosen Polkester harus mampu beradaptasi terhadap penerapan tehnologi informasi dalam pelaksanaan Tri Dharma Pergurusan Tinggi. Dosen Polkester tidak bisa lagi stagnan menggunakan pola lama secara konvensional dalam pelaksanaan pembelajaran, tetapi harus mampu mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi. Untuk mencapai harapan tersebut, perguruan tinggi dalam hal ini Polkester harus memiliki kebijakan strategis untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas tenaga dosennya, terutama kapasitas desain sistem pembelajaran berbasis digital, serta desain penelitian dan pengabdian masyarakat yang ditautkan melalui sistem aplikasi internet.

Selain pola pembelajaran harus mampu mengikuti perkembangan teknologi, dosen Polkester juga harus mampu berperan menginspirasi mahasiswa serta menjadi teman bagi mahasiswa, teladan dan berkarakter. Trend Mahasiswa zaman now cenderung menyukai pembelajaran visual yang menarik dan menyenangkan. Dosen dapat menggunakan video pembelajaran untuk penyampaian materinya, agar mahasiswa semakin tertarik dan antusias untuk mengikuti proses pembelajaran. Artinya dosen Polkester harus mampu berinovasi sesuai dengan kebutuhan revolusi industri 4.0 dan tuntutan program kompetensi inti seorang dosen.

Dosen Menjadi Produsen Pengetahuan

Salah satu pendapat para ahli adalah Borrie Morries, yang menyebutkan ada empat pola pembelajaran, umumnya dilakukan di suatu perguruan tinggi; Pertama: Pola pembelajaran tradisional, yaitu pengajar (dosen) masih menjadi aktor utama dan dianggap paling penting dalam pembelajaran. Pembelajaran masih berpusat kepada pengajar (Teacher Centered Learning).

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6