Sekilas Info

Kramat Beach, Destinasi Wisata yang Sedang Populer di Taliabu

Kramat Beach di Pulau Taliabu. (Tandaseru/Fardanan Fahri)

Tandaseru -- Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, terus berbenah mengembangkan sektor pariwisata. Salah satunya pengembangan destinasi wisata Kramat Beach.

Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Kramat, Kecamatan Taliabu Barat. Jarak dari pusat kota sekitar 15 menit dengan kendaraan.

Semenjak dibuka Ahmad Ati pada tahun 2018, Kramat Beach kian ramai dikunjungi anak muda hingga berbagai pejabat.

Dengan pasir putih yang halus, lokasi ini amat pas digunakan menanti terbenamnya matahari.

Dari Kramat Beach, pengunjung bisa menikmati pemandangan bukit dan bekas rumah kampung tua di bagian selatan. Di puncak bukit ada makam tua yang dikeramatkan warga setempat.

Ahmad Ati mengatakan, potensi yang dijual dari Kramat Beach adalah pemandangan sunset, pasir putih halus yang membentang luas diselimuti rindangnya pohon kasuari atau cemara dan kelapa serta wisata religinya.

Kramat Beach di Pulau Taliabu. (Tandaseru/Fardanan Fahri)

"Wisatawan bisa menikmati terbenamnya matahari dari titik Kramat Beach, sambil menikmati hidangan khas warga," ucapnya, Minggu (10/10).

Pengelola Kramat Beach juga telah membangun gazebo untuk tempat bersantai pengunjung. Ada pula ayunan dan fasilitas pelampung untuk berenang.

Dulu, pantai ini nyaris tak pernah dikunjungi orang. Namun kini untuk mendapatkan gazebo di akhir pekan Anda harus melakukan reservasi lebih dulu.

Pada akhir pekan, Kramat Beach dibuka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam. Untuk menambah gairah pengunjung, pemilik lapak di Kramat Beach juga menyediakan fasilitas live music yang dibanderol Rp 5 ribu per tiga lagu.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Fardanan Fahri
Editor: Sahril Abdullah