Sekilas Info

Diduga Pukul Penyelenggara Pemilu, Oknum Tim Sukses MS-SM Dipolisikan

Ilustrasi kampanye. (Medcom.id)

Tandaseru -- Oknum tim pemenangan pasangan calon kepala daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara Muhaimin Syarif-Sahrudin Mohalisi (MS-SM) terancam pidana. Pasalnya, oknum tim tersebut diduga melakukan kekerasan terhadap Panwas Desa Kawalo Kecamatan Taliabu Barat dalam kampanye beberapa waktu lalu.

Insiden tersebut telah dilaporkan Panwas Kecamatan Talbar ke kepolisian dan Bawaslu.

Kanit Reskrim Polsek Taliabu barat Bripka Justin Ajis ketika dikonfirmasi, Kamis (26/11) malam mengakui telah menerima laporan kejadian peristiwa pemukulan tersebut. Kata dia, untuk sementara ini pihaknya belum melayangkan panggilan terhadap pelaku, sebab laporan tersebut juga dimasukkan ke Bawaslu.

"Laporannya ada dua, yaitu di Bawaslu dan di Polsek sehingga nanti selesai rapat pembahasan pertama di Bawaslu dalam arti penentuan apakah perkaranya menggunakan Undang-undang Pemilu ataukah KUHP. Setelah dari hasil pembahasan baru akan dilayangkan pemanggilan," ungkapnya.

Informasi yang dihimpun tandaseru.com, Panwas Desa Kawalo dipukuli saat mencegah pelaksanaan kampanye pasangan calon nomor urut 1 tersebut di Desa Woyo Kecamatan Taliabu Barat. Pasalnya, kampanye itu dilakukan tidak berdasarkan surat izin yang dikeluarkan pihak kepolisian.

Berdasarkan surat izin, seharusnya kampanye MS-SM dilakukan di Desa Kawalo, namun tim justru menggelarnya di Desa Woyo yang berbatasan dan tersambung langsung dengan Kawalo. Dalam pencegahan itu terjadi adu mulut hingga akhirnya terjadi pemukulan yang mengenai wajah Panwas.

Hingga berita ini ditayangkan, Polsek Taliabu Barat belum memberikan keterangan terkait identitas terduga pelaku pemukulan tersebut.

Penulis: Fardanan Fahri
Editor: Ika FR