Sekilas Info

Jelajah Agrowisata Kebun Kangkung Gambesi, Wisata Edukasi Komunitas Milenial

Reza D Nur. (Istimewa)

Tandaseru -- Kelurahan Gambesi sebagai salah satu kelurahan produktif dan menarik di bagian Selatan Kota Ternate. Sebagai salah satu kelurahan yang ramai dengan aktivitas para warganya menjadikan kelurahan Gambesi semakin terus berkembang seiring perkembangan dari waktu ke waktu. Di sini, para warganya nampak sibuk sejak pagi hingga malam hari, tak heran karena beberapa alasan yang turut mendorong tingkat kesibukan para warga di kelurahan menjadi semakin padat dalam keseharian. Beberapa alasan tersebut adalah keberadaan sebuah perguruan tinggi negeri (Universitas Khairun) serta beberapa aktivitas perkantoran dan pusat pelayanan pemerintahan juga bisnis dan perdagangan.

Tak kalah menariknya juga adalah keindahan alam pesisir pantai yang ditumbuhi tanaman mangrove serta panorama hamparan laut sepanjang mata memandang yang dihiasi keindahan gunung Kie Matubu Tidore serta Pulau Maitara nan elok di pandang mata. Sepanjang mata memandang, hamparan hijau daun tanaman sayur mayur yang didominasi tanaman Kangkung seolah memberi isyarat akan kehidupan para petani yang memiliki sejarah panjang serta succes story dibalik aktivitas pertanian dalam kehidupann keseharian mereka. Tak salah jika rutinitas keseharian para petani yang menjalani hidup dengan menggantungkan pendapatan dari bertani ini kemudian dipentaskan lewat sebuah musikal theater dari kaum muda milenial Gambesi bertajuk "Air Mata di Ujung Kangkong" dalam gelaran event bertajuk "Gambesi Kampoeng Inspiratif".

"Mungkin terdengar sedih sebagaimana tajuk utamanya "air mata" namun sesungguhnya berisikan tentang cerita para petani Kangkong yang penuh dengan sisi keunikannya, rasa yang bercampur aduk antara sedih dan lucu serta ekspresi unik lainnya dalam pementasan parodi oleh masing-masing para pemeran parodi tersebut,” ungkap Reza D. Nur, Ketua Panitia Penyelenggara.

Dirinya berusaha untuk tidak membocorkan perihal isi parodi secara gamblan.

"kalau diceritakan akan tidak menarik biar seru ayo datang tanggal 20 nanti,” sambungnya.

Ia bilang, Jelajah Agrowisata Kebun Kangkong Gambesi sebagai salah satu kegiatan menarik dari keseluruhan rangkaian acara Malam Apresiasi Gambesi Kampung Inspiratif ini akan melibatkan para mahasiswa program studi Pariwisata, komunitas Gen Z serta para pemuda dan pemudi Gambesi untuk menelusuri areal perkebunan Kangkung yang juga menikmati suasana terbenamnya matahari di tepian pantai dari kawasan sekitar kebun Kangkung Gambesi tersebut. Seru pastinya, sebuah aktivitas jelajah yang memperkenalkan lebih dekat aktivitas bertani di kebun Kangkong, melihat dari dekat kehidupan para petani dan aktivitas pertaniannya sembari belajar tentang usaha tanisebagai wujud dari wisata edukasi.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ika Fuji Rahayu
Editor: Ika Fuji Rahayu