Sekilas Info

Sekprov Nonaktif Maluku Utara Tegaskan Tetap Bertugas Seperti Biasa

Sekretaris Daerah Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir. (Tandaseru/Sahril Abdullah)

Tandaseru — Sekretaris Daerah (nonaktif) Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir menegaskan tetap menjalankan tugasnya sebagai Sekda meskipun Plt Gubernur M Al Yasin Ali telah menunjuk Kepala Dikbud, Salmin Janidi sebagai pelaksana tugas.

Hal tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers, Minggu (31/3/2024) di Kota Ternate. Menurut Samsuddin, isu terkait penghambatan APBD inilah yang kemudian memicu pemberhentian sementara.

“Ini pun sesuai ketentuan tidak tepat, karena pemberhentian sementara yang dikenal dalam regulasi itu untuk orang yang bermasalah hukum dan ada penahanan,” ujar Samsuddin yang didampingi sejumlah pejabat Pemprov Malut.

Samsuddin menambahkan, sebelum pemberhentian dilakukan, Plt Gubernur Malut telah berkomunikasi dengan dirinya, di mana dalam pembicaraan itu Plt Gubernur menyampaikan bahwa ada perintah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ihwal pemberhentian sementara, paling lambat satu minggu.

“Kenapa ada itu karena pertama APBD kita terlambat yang disampaikan ke Kemendagri, didalamnya itu adalah pekerjaan TAPD,” ungkapnya mengutip hasil pembicaraan dengan Plt Gubernur.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Pertama, penetapan APBD 31 Desember 2023, kemudian setelah dilakukan evaluasi 14 hari di Kemendagri, ada penataan baru masuk dan di bulan Februari awal itu sudah selesai evaluasi.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sahril Abdullah
Editor: Sahril Abdullah