Sekilas Info

Ini Kata Ketua PPG Unkhair soal Penerapan Sistem Zonasi Sekolah

Dr. Sahid Hasan. (Tandaseru/Sofyan Togubu)

Tandaseru -- Penerapan sistem zonasi penerimaan siswa-siswi di sekolah disoroti Ketua Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara, Dr. Sahid Hasan.

Menurutnya, pengelolaan pendidikan butuh strategi pemerintah. Salah satunya adalah menggunakan strategi zona dengan tujuan persebaran dan pemerataan.

"Namun demikian, kita tidak bisa menafikan pilihan-pilihan konsumen artinya bahwa konsumen itu menilai satuan pendidikan secara utuh. Bahwa dia menilai manajemen bagaimana kebersamaan komponen di dalam sekolah seperti sumber daya yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang bekerja melayani," tutur Sahid, Rabu (13/7).

"Jadi wajar pilihan konsumen-konsumen dalam hal ini masyarakat, calon siswa, orang tua memilih sekolah tertentu karena di situ mereka menganggap sekolah bisa membawa anak-anaknya pada suatu sistem dalam mencapai pendidikan. Mutu ini relatif namun mutu harus dikelola," ujarnya.

Maka dari awal, sambung Sahid, pemerintah diberi amanah mengelola pendidikan harus melakukan rekrutmen, seleksi pimpinan maupun guru dan sumber daya pendukung lain.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sofyan Togubu
Editor: Ika Fuji Rahayu