Sekilas Info

Hadapi 2 Gugatan, KPU Halmahera Timur Kumpul Bukti dalam Kotak Suara

KPU Haltim membuka kotak suara untuk mengambil alat bukti. (Istimewa)

Tandaseru -- Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Halmahera Timur, Maluku Utara, tengah bersiap menghadapi gugatan pasangan calon kepala daerah di Mahkamah Konstitusi (MK). Ada dua paslon yang menggugat hasil Pilkada 2020, yakni paslon Thaib Djalaluddin-Noverius T. Bulango (TIVA) dan paslon Moh. Abdu Nasar-Azis Ajarat (MONAS).

Saat ini, Bawaslu dan KPU tengah menyiapkan sejumlah bukti guna menghadapi persidangan nanti. MK sendiri telah mengeluarkan nomor registrasi sidang perselisihan hasil pemilihan (PHP) untuk gugatan kedua paslon.

Berdasarkan Edaran KPU RI Nomor 1232/PY.02.1-SD/03/KPU/XII/2020 perihal Persiapan Menghadapi Perkara Pengajuan Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020, KPU Haltim membuka kotak suara untuk mengambil formulir sebagai alat bukti dalam sidang PHP nanti. Pembukaan kotak suara dilakukan Senin (18/1) malam.

"Salah satu syarat, berdasarkan PKUP tersebut, maka KPU membuka kotak suara sebagai Termohon, dan ini berkoordinasi dengan Bawaslu dan kepolisian," ungkap Ketua KPU Haltim Mamat Jalil.

Menurut Mamat, kotak yang dibuka tidak semuanya. Hanya berdasarkan materi gugatan Pemohon, yakni 60 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 8 kecamatan. Kecamatan-kecamatan tersebut adalah Wasile Utara 2 kotak, Wasile Timur 22 kotak, Wasile 10 kotak, Wasile Selatan 3 kotak, Kota Maba 2 kotak, Maba 2 kotak, Wasile Tengah 10 kotak dan Maba Tengah 9 kotak.

"Dari masing-masing gugatan Pemohon, untuk paslon nomor 1 sebanyak 15 kotak, dan untuk paslon nomor 3 sebanyak 45 kotak. Dan seluruh dokumen yang diambil akan dikembalikan ke  kotak seperti sebelumnya. Karena ini hanya untuk kesiapan pada sidang pendahuluan, yang dijadwalkan pada tanggal 26 Januari," pungkasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Haltim Suratman Kadir mengatakan, pihaknya telah merampungkan keterangan yang akan disampaikan dalam persidangan di MK.

"Sejauh ini Bawaslu selaku lembaga yang diposisikan sebagai pemberi keterangan maka kami sudah menyiapkan keterangan yang disertai bukti-bukti. Pada saat pengawasan secara kelembagaan Bawaslu Haltim sudah mempersiapkan ini," ungkapnya.

Penulis: Yudhi Salam
Editor: Ika FR