Sekilas Info

Puluhan Sepeda Motor di Halut Terjaring Razia Perdana Operasi Zebra

Pelaksanaan Operasi Zebra pada hari pertama di Halut. (Istimewa)

Tandaseru -- Hari pertama Operasi Zebra 2020 yang digelar Satlantas Polres Halmahera Utara, Maluku Utara, Senin (26/10)  berhasil menjaring puluhan kendaraan roda dua. Para pengendara terjaring razia lantaran tak dilengkapi dokumen kendaraan.

Kasat Lantas Polres Halmahera Utara AKP Ranto Eko mengatakan, razia yang dilaksanakan fokus kepada pengendara yang tidak memiliki SIM, STNK, helm, kaca spion dan pelanggaran lainnya. Selain itu, tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yakni memakai masker.

"Kendaraan yang ditilang 15 sepeda motor, teguran sebanyak 30 tidak memakai helm belakang dan tidak menggunakan masker. Puluhan kendaraan kami tindak karena melakukan pelanggaran. Razia hari ini sasarannya SIM serta kelengkapan komponen kendaraan,” kata Ranto.

Operasi Zebra 2020 bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Mengingat Halut merupakan wilayah yang tinggi akan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kita mencoba mengurangi angka kecelakaan dengan melakukan razia. Ini juga butuh kesadaran pengguna kendaran roda dua. Karena itu, marilah bersama Satlantas menjaga ketertiban dan kenyamanan di jalan raya,” ucap Ranto.

“Saya minta kepada pengendara melengkapi surat-surat kendaraannya juga SIM. Berkendara harus memakai helm, taat aturan dan tidak ngebut di jalan raya. Dengan menaati aturan lalu lintas, kita bisa meminimalisir kecelakaan,” tandasnya.

Penulis: Al
Editor: Sahril Abdullah