Sekilas Info

Banyak Pengunjung, Perpustakaan Daerah Morotai Butuh Tambahan SDM dan Anggaran

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Pulau Morotai, Ridwan Bilo. (Tandaseru/Irjan)

Tandaseru -- Minat warga Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara mengunjung Perpustakaan Daerah terbilang tinggi. Sayangnya, anggaran pengembangan Perpustakaan masih perlu ditambah, begitu pula sumberdaya manusia (SDM) yang bidang keilmuannya linear dengan bidang pustaka.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Pulau Morotai Ridwan Bilo kepada tandaseru.com menyatakan, perpustakaan yang dikelolanya membutuhkan tambahan anggaran dan SDM.

"Memang di sini pegawai ada ASN, tapi khusus yang menangani soal buku seperti pustakawan dan arsip-arsip itu belum ada. Total pegawai kita sebanyak 21 orang ada jurusan Pendidikan, Ekonomi, Pemerintahan dan Bahasa serta lulusan SMA," kata Ridwan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/9).

Ridwan bilang, ia berencana membuat perpustakaan digital. Hanya saja terkendala anggaran pembuatan website.

"Kendalanya belum punya anggaran membuat website. Supaya orang ke sini juga bukan cuma membaca tapi juga bisa akses informasi," tuturnya.

Menurut Ridwan, meski Perpustakaan Daerah yang baru dibangun itu belum diresmikan, minat pembaca pelajar dan mahasiswa di Morotai terbilang tinggi. Ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang.

"Jumlah judul buku kita sebanyak 2.927 dan jumlah koleksi buku 3.277 di perpustakaan. Sementara di mobil perpus keliling sebanyak 400 judul buku dan jumlah koleksi buku sebanyak 800 tersedia di mobil," pungkasnya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Sahril Abdullah